Kota Malang Masuk PPKM Level 3, Polresta Malang Kota Rencanakan Penerapan Ganjil Genap

Aug 31, 2021 20:09
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) didampingi Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Khrisna saat ditemui awak media di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) didampingi Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Khrisna saat ditemui awak media di Mapolresta Malang Kota, Selasa (31/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemerintah pusat telah menetapkan Kota Malang masuk dalam kategori Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 dan masuk dalam zona oranye Covid-19. 

Sebagai upaya penurunan level PPKM dan mewujudkan Kota Malang masuk dalam zona hijau Covid-19, serta membuat alternatif lain tanpa melakukan penyekatan, Polresta Malang Kota berencana menerapkan sistem ganjil genap terhadap kendaraan bermotor.

"Mungkin kita akan membuat suatu gambaran baru apakah salah satunya dengan menerapkan ganjil genap di wilayah tertentu, itu masih dirapatkan dulu," ungkap Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto kepada JatimTIMES.com, Selasa (31/8/2021).

Perwira yang akrab disapa Buher ini menyampaikan, bahwa urgensi rencana penerapan ganjil genap untuk memantau tiga indikator yang pernah disampaikan oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan. Yakni Facebook Mobility, Google Traffic dan Google Activity. 

"Saya melihat urgensinya dari pada anggota berada dalam pengawasan penyekatan bagi mereka membawa menularkan ke lain. Jadi harus kita atur ganjil genap dan di tempat-tempat tertentu," ujarnya. 

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppy Anggi Khrisna menuturkan, terkait rencana penerapan ganjil genap di Kota Malang akan seperti penerapan ganjil genap di wilayah DKI Jakarta. 

"Di Malang Kota kan ada jalur provinsi juga, saya nanti akan koordinasi dengan Ditlantas Polda akan kita rapatkan, rekomendasi seperti apa," tuturnya. 

Perwira dengan tiga balok di pundaknya ini mengungkapkan, untuk penerapan ganjil genap di Kota Malang harus dikeluarkan Peraturan Wali Kota Malang Sutiaji yang mengatur regulasi mengenai penerapan ganjil genap.

Terlebih lagi, jika rencana penerapan ganjil genap memang direalisasikan di Kota Malang, pihak Satlantas Polresta Malang Kota juga harus mematakan titik-titik mana yang akan diterapkan ganjil genap. 

"Jalan protokol ya kita lihat yg ramai seperti KTL, Suhat, atau tempat lain yang kira-kira ramai. Selama ini pantauan untuk wilayah masih rata dan penerapan kita belum bisa langsung untuk semua kendaraan, paling roda empat dulu," tandasnya. 

Topik
Polresta Malanglevel 3 ppkmdbhcht pamekasanPercepatan Penanganan Covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru