Kabupaten Malang Zona Oranye, Sektor Pariwisata Tunggu Inmendagri

Aug 31, 2021 20:06
Pantai Teluk Asmara yang berada di Kabupaten Malang (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Pantai Teluk Asmara yang berada di Kabupaten Malang (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sektor pariwisata mendapat angin segar ketika Kabupaten Malang dinyatakan menjadi zona oranye atau setingkat lebih rendah daripada sebelumnya. Namun dalam hal ini Pemkab Malang menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) untuk aturan pariwisata.

Bupati Malang HM Sanusi mengatakan bahwa sektor pariwisata sejak pandemi Covid-19 mengalami penurunan pendapatan. Hal itu seiring dengan aturan tidak diperbolehkannya adanya kerumunan orang.

Akan tetapi, saat ini status Kabupaten Malang telah berubah zona oranye sehingga kemungkinan sektor pariwisata dapat angin segar. “Pariwisata sesuai dengan ketentuan saja, kan Inmendagri belum turun,” kata Sanusi.

Dalam hal ini, Pemkab Malang akan mengikuti anjuran dari Pemerintah Pusat. Hal itu karena segala aturan yang berkaitan dengan PPKM diterapkan masih mengacu pada Inmendagri.

“Nanti perubahannya seperti apa itu yang akan kami lakukan, nunggu Inmendagri saja,” tegas dia.

Sementara itu, Sanusi mengaku bahwa sejauh ini masyarakat telah mengikuti anjuran dari pemerintah daerah. Sehingga, Kabupaten Malang yang mulanya berstatus zona merah berubah menjadi zona oranye. Hal itu juga diikuti dua kota tetangga yakni Kota Malang dan Kota Batu.

“Masyarakat sejauh ini patuh terhadap aturan yang telah dibuat, sehingga menjadi zona oranye. Kami harap hal baik ini terus dilakukan agar Covid-19 segera selesai,” terangnya.

Oleh karena itu, Sanusi meminta masyarakat agar tetap patuh terhadap prokes. Sehingga hal itu dapat menyelamatkan diri sendiri dan orang lain.

“Tapi harus mulai diri sendiri yang bisa selamatkan, dengan cara prokes harus tetap dilaksanakan karena virus tidak kelihatan dan hindari yang kena Covid,” pungkasnya.

Topik
Kabupaten Malang Zona Oranyezona oranyeCovid 19covid 19 kabupaten malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru