Rektor UIN Malang Buka PBAK 2021, Tekankan Karakter Ulul Albab kepada 3.794 Mahasiswa Baru

Aug 31, 2021 16:27
Suasana saat Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin membuka PBAK 2021
Suasana saat Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin membuka PBAK 2021

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang menggelar acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan Universitas (PBAK-U) 2021 secara virtual, Selasa (31/8/2021). Dalam PBAK-U itu, mengambil tema "Mewujudkan Generasi Muslim Moderat dan Peduli Bangsa Menuju Indonesia Tangguh". Kegiatan itu diikuti 3.794 mahasiswa baru.

5

Rektor UIN Maliki Malang Prof M Zainuddin MA, yang membuka kegiatan tersebut menjelaskan, jika mahasiswanya juga memiliki sebutan lain yakni mahasantri. Predikat tersebut diperoleh karena setiap maba akan menempuh pendidikan wajib di Ma'had selama satu tahun. 

Pihaknya juga yakin, jika para mahasiswa UIN Maliki Malang akan menjadi generasi muslim yang berkarakter Ulul Albab. Sehingga, hak tersebut kemudian akan membedakan mahasiswa UIN Maliki Malang dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, jika lulusan dari UIN Maliki Malang, memiliki kemampuan maupun pengetahuan yang mumpuni pada masing-masing bidangnya. Hal itu semakin dilengkapinya dengan karakter Ulul Albab yang dimiliki. Dalam karakter itu, terdapat empat unsur seperti kompetensi spiritual, moral, intelektual dan juga sosial. 

4

"Landasan dari karakter Ulul Albab itu sendiri mengacu pada Qs Al Imron ayat 191. Dan ini para maba khususnya, harus segera menghafalkannya", ucap Prof Zain sapaan akrabnya.

Sementara itu, Farchan Adip Rosadi, Ketua DEMA universitas, menyampaikan, pada PBAK tahun ini, diberikan sebutan nama ARMADA PANDHITA. Nama tersebut bukanlah sembarang nama, melainkan memiliki arti yang begitu penting. 

Para mahasiswa UIN Maliki Malang, diharapkan mempunyai prinsip 
Islami, berintelektual, berkarakter dan yang paling penting mengamalkan ajaran-ajaran ulama yakni ajaran para ahli sunnah wajamaah.

"Hal itulah yang kami harapkan," pungkasnya.

1

PBAK 2021, diikuti sebanyak 3. 794 mahasiswa dengan rincian mahasiswa baru (maba) angkatan 2021 berjumlah 3. 751 sedangkan 43 sisanya merupakan angkatan tahun 2020 yang belum lulus. 3794 mahasiswa itu tersebar pada tujuh fakultas. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 963 mahasiswa, Fakultas Syariah 596 mahasiswa, Fakultas Humaniora 402 mahasiswa.

Kemudian, Fakultas Psikologi 259 mahasiswa, Fakultas Saintek 811 mahasiswa, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan 180 mahasiswa dan Fakultas Ekonomi 579 mahasiswa.

Topik
UIN Maliki MalangRektor UINsea games vietnam 2021
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru