Ubah Aturan Kegiatan Masyarakat dan Keramaian, Pemkab Malang Tunggu Inmendagri

Aug 31, 2021 15:56
Bupati Malang HM Sanusi (Hendra Saputra/MalangTIMES)
Bupati Malang HM Sanusi (Hendra Saputra/MalangTIMES)


JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang segera mengubah perlakuan terhadap kegiatan masyarakat serta keramaian. Hal itu seiring berubahnya status Malang Raya dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 menjadi Level 3.

Penyesuaian itu sebagaimana disampaikan oleh Bupati Malang HM Sanusi. “Turun level otomatis nanti perlakuan terhadap kegiatan sosial masyarakat maupun tempat keramaian akan berubah,” kata Sanusi, Selasa (31/8/2021).

Hanya saja, sambung Sanusi perubahan perlakuan terhadap kegiatan sosial masyarakat masih akan menunggu Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri). Karena meski PPKM terus dilanjutkan, tapi Inmendagri diakuinya belum keluar. “Nanti (pelaksanaannya) sesuai peraturan Inmendagri,” tegas Sanusi.

Meski begitu, Sanusi tetap mengingatkan masyarakat agar tidak lengah karena saat ini Kabupaten Malang berstatus level 3. Sebab, bukan tidak mungkin jika protokol kesehatan (prokes) diabaikan oleh masyarakat, kenaikan penyebaran covid-19 dapat terjadi kembali.

Oleh karena itu, Sanusi meminta masyarakat agar tetap patuh terhadap prokes. Sehingga hal itu dapat menyelamatkan diri sendiri dan orang lain.

“Tapi harus mulai diri sendiri yang bisa selamatkan, dengan cara prokes harus tetap dilaksanakan karena virus tidak kelihatan dan hindari yang kena covid,” pungkasnya.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Dinas Kominfo (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur yang bersumber dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang per 26 Agustus 2021 tercatat ada 13,207 positif covid-19, di mana terdapat 11,353 sembuh dan 726 angka kematian. Sementara juga masih terdapat 1,128 kasus aktif. 

Angka tersebut kemudian berubah per 29 Agustus 2021 kemarin. Dimana jumlah positif covid-19 tercatat 13,440, tapi tingkat kesembuhan sebanyak 12,030 sembuh. Sementara saat ini hanya tersisa 625 kasus aktif dengan jumlah kasus meninggal 785.

Topik
Sanusibondowoso masuk level 3
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru