Turun ke PPKM Level 3, Kondisi Covid-19 di Kota Malang Terus Membaik

Aug 31, 2021 11:06
Ilustrasi. (Foto: Source google).
Ilustrasi. (Foto: Source google).

JATIMTIMES - Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam penanganan covid-19 perlahan menuai hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan menurunkan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari level 4 ke level 3.

Turunnya level ini didasari dari berbagai faktor. Salah satunya berkaitan dengan penanganan covid-19 yang berangsur membaik. Jumlah kasus harian terkonfirmasi positif di Kota Malang juga menunjukkan penurunan.

"Saya lihat tren-nya kita saat ini kan sudah turun. Kasus positif kita terus menerus menurun," kata Wali Kota Malang Sutiaji, Selasa (31/8/2021).

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Kota Malang, hingga kemarin (Senin, 30/8/2021) terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif sebanyak 38. Kini total warga Kota Malang yang terjangkit covid-19 sebanyak 14.764.

Dari jumlah tersebut, dijelaskan Sutiaji, angka kesembuhan akibat covid-19 juga terus meningkat. Yakni, terjadi penambahan sebanyak 42 pasien sembuh. Kini total yang sembuh ada 13.153. Kemudian angka kematian terus menurun, yakni ada penambahan 7 orang sehingga  totalnya kini 1.076.

"Angka kematian kita sudah turun 7 persen. Kesembuhan kita sudah hampir 90 persen. Di kita saat ini 89 persen," jelasnya.

Capaian persentase ini terbilang cukup baik. Sebab, recovery rate atau angka kesembuhan pasien covid-19 standar nasional berada di angka 90 persen. 

Kemudian, Sutiaji mengatakan, bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di Kota Malang, secara akumulasi juga mengalami penurunan, yakni di angka 22 persen. Selain itu, pemindahan pasien isolasi mandiri (isoman) ke isolasi terpusat (isoter) juga terus dioptimalkan meski masih ada beberapa yang tetap menjalani isoman dikarenakan satu dan lain hal.

 "Isoman kita tinggal 31 orang. Itu karena ada yang memang tinggal sendiri, ada yang jompo, ada yang tunanetra. Juga yang memerlukan pendampingan. Ini masih kami upayakan," pungkasnya.

Topik
Kota Malang turun level PPKMWali Kota Malang SutiajiSekjen PPP
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru