PPKM Berakhir Hari Ini, Kasus Positif Covid-19 Berangsur Turun

Aug 30, 2021 09:30
PPKM (Foto: detik.com)
PPKM (Foto: detik.com)

JATIMTIMES - Penerapan PPKM akan berakhir hari ini Senin (30/8/2021). Masih belum diketahui, apakah penerapan PPKM ini kembali diperpanjang atau tidak. 

Kendati demikian, jelang berakhirnya PPKM, kasus Covid-19 di Jawa-Bali selama sepekan terakhir disebut mengalami penurunan. Penurunan tak cuma terjadi pada kasus positif, tapi juga terjadi pada kasus sembuh dan meninggal dunia.

Seperti diketahui, perpanjangan pekan lalu menjadi yang ke-5 sejak pemerintah menarik rem darurat PPKM pada 3 Juli-20 Juli 2021. Sementara itu, secara total, angka kasus positif di Jawa-Bali selama sepekan terakhir PPKM mencapai 46.151 kasus. 

Penurunan kasus terutama terlihat mulai Kamis (26/8/2021), dengan rata-rata kasus di bawah 10 ribu. Sebaran kasus positif harian paling banyak selama sepekan terakhir, masih didominasi Jawa Barat dengan rata-rata kasus di atas 5 ribu.

Kemudian disusul Jawa Timur dengan rata-rata kasus di atas 1.000. Sedangkan, sisanya seperti DKI Jakarta, Banten, DIY, dan Bali rata-rata penambahan kasus positif masih di bawah 500.

Penambahan kasus positif di Jawa-Bali terbanyak tercatat pada 24 dan 25 Agustus lalu, dengan penambahan kasus di atas 10 ribu. Kemudian, berturut-turut setelahnya, kasus positif turun hingga 4 ribu kasus per hari.

Untuk kasus meninggal dunia selama sepekan terakhir PPKM, angkanya juga relatif turun sejak 24 Agustus. Sempat mencapai angka tertinggi pada 24 Agustus, angkanya hingga 28 Agustus turun hingga di kisaran 400 kasus per hari.

Kasus meninggal dunia masih didominasi oleh Jawa Timur selama sepakan terakhir dengan rata-rata di atas 100 kasus. Sementara, 6 provinsi lain dalam sepekan terakhir masih mencatat kasus kematian di bawah 100 kasus.

Kasus kematian tertinggi secara akumulatif di Jawa dan Bali, tercatat pada 24 Agustus mencapai 715 kasus, yang didominasi Jawa Barat dengan 314 kasus, disusul Jatim dengan 185. Sedangkan untuk kasus sembuh selama PPKM sepakan terakhir di Jawa Bali angkanya juga turun mencapai 7.099 pada 28 Agustus. 

Kasus sembuh tertinggi tercatat pada 24 Agustus mencapai 21.841 kasus. Kasus sembuh masih didominasi Jawa Barat dengan rata-rata di atas 5 ribu kasus sembuh. 

Disusul Jawa Timur dengan rata-rata kasus sembuh di atas seribu kasus. Sayang belum diketahui apakah pemerintah bakal memperpanjang atau menghentikan, termasuk kemungkinan menurunkan level PPKM di beberapa daerah. 

Pada pekan lalu, pemerintah telah menurunkan level PPKM di beberapa wilayah, termasuk Jabodetabek ke level 3.

Dengan penurunan level tersebut, sejumlah sektor juga telah dibuka, mulai dari tempat ibadah, pusat perbelanjaan, sarana atau fasilitas olahraga, termasuk izin pembelajaran tatap muka (PTM).

Topik
we have a ghostppkm jawa baliKasus Covid 19Jawa Timurpenurunan kasus covid 19
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru