Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis Tiga Nakes Masih 35 Persen di Kota Batu, Ini Kendalanya

Aug 29, 2021 17:55
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi kepada warga Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi kepada warga Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Hingga saat ini kurang lebih vaksinasi Covid-19 dosis tiga yang menyasar tenaga kesehatan (nakes) mencapai 35 persen di Kota Batu. Masih rendahnya vaksinasi lantaran adanya kendala, yaitu banyak nakes yang terpapar Covid-19. 

“Untuk bisa vaksin dosis tiga, sama seperti pada dosis pertama dan kedua. Syaratnya tidak boleh terinfeksi Covid-19 selama 3 bulan terakhir,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Batu, dr Susana Indahwati.

Ia menambahkan, hingga saat ini capaian vaksinasi di Kota Batu masih 35 persen dari total target populasi. Totalnya ada 1.662 orang yang ditargetkan oleh Dinas Kesehatan Kota untuk vaksinasi dosis tiga ini.

“Kurang lebih hingga saat ini (Juni-Juli) sudah 200 tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 di Kota Batu,” imbuhnya. 

Sementara itu nakes yang sudah vaksin dosis tiga rata-rata mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). KIPI dialami setelah mereka menerima vaksin moderna.

“Gejala yang dialami oleh mereka pada umumnya seperti nyeri tulang, demam, pusing, hingga nyeri pada bagian bekas suntikan vaksinasi,” katanya.

Sedang hingga saat ini jumlah pemakaian vaskinasi mencapai 56.596 dosis. Untuk cakupan vaksin dosis pertama 34,31 persen. Sementara pada cakupan dosis ke dua presentasenya 22,07 persen.

Topik
siswa kota batuDinas Kesehatan Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru