Pemkot Batu Bakal Terapkan Jadwal Pembuangan Sampah Sesuai Jenisnya

Aug 29, 2021 10:43
Petugas saat memilah sampah di TPA Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat memilah sampah di TPA Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pengelompokan jenis sampah hingga saat ini masih belum bisa diterapkan dengan maksimal di Kota Batu. Supaya berjalan mulus, Pemkot Batu bakal mencoba menerapkan jadwal pembuangan sampah.

“Sejauh ini masih didapati ketika petugas membuang sampah di truk tetap dicampur, meskipun sudah dipilah dari rumah,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Aries Setiawan.

Nanti, pembuangan sampah sesuai dengan jenis pada hari yang sudah ditentukan. Contohnya, pada Senin sampai Rabu, khusus yang dibuang adalah sampah organik. Sedangkan Kamis sampai Sabtu khusus sampah non-organik. Dan Minggu, khusus sampah beracun atau B3. 

"Cara ini-lah yang segera kami terapkan di Kota Batu. Tetapi harus dengan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga,” kata Aries.

Rencananya sosialisasi pemilahan sampah itu bakal dimulai  September bulan depan. Ada empat desa yang menjadi jujukan awal. Yakni di Kecamatan Junrejo ada di Kelurahan Dadaprejo, di Kecamatan Batu menyasar di Desa Oro-Oro Ombo, di Kecamatan Bumiaji ada di  Desa Punten dan Desa Pandanrejo. 

Dalam sosialisasi itu, akan disampaikan beberapa informasi. Misalnya masyarakat diharuskan membuang sampah sesuai jenisnya pada hari yang sudah ditentukan. “Sekaligus akan diberikan informasi jenis-jenis sampah. Nantinya informasi ini bisa sampai tingkat RT,” imbuh Aries.

Jika sosialisasi mulai dijalanlan, pada bulan Oktober bakal dilakukan uji coba. Karena itu, DLH tidak berjalan sendiri, tetapi menggandeng lintas sektor mulai ketua RT, RW, desa, kelurahan, maupun tingkat kota.

Menurut Aries,  hal ini dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat serta memperbaiki tata kelola sampah di Kota Batu. Meksipun tidak mudah, dia optimistis strategi ini bisa berjalan secara perlahan.

“Pemilahan sampah ini penting  supaya sampah kering dan sampah basah tidak bercampur. Soalnya, jika kedua jenis sampah ini tercampur, bisa menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau tak sedap di TPA,” ucap mantan camat Batu ini.

Pemilahan sampah juga mempermudah pengolahan dan daur ulang sampah. Juga meminimalisasi sampah-sampah yang akan berakhir di TPA.

Topik
Terjatuh dari pohonsampah di Kota Batuberita kota batuDLH Kota Batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru