70 Ribu Malaikat Ikut Mendoakan jika Baca Salah Satu Surat dalam Al-Quran Ini, Apa Itu?

Aug 29, 2021 09:36
Ilustrasi. (Foto: Pecihitam.org).
Ilustrasi. (Foto: Pecihitam.org).

JATIMTIMES - Anjuran yang ditujukan kepada umat Muslim untuk membaca Al-Quran meski hanya satu ayat memiliki berbagai keistimewaan. Tak hanya mendapatkan pahala, namun banyak berbagai hal kemuliaan lain di dalamnya.

Bahkan, dengan membaca salah satu surat dalam Al-Quran, maka umat Muslim akan didoakan oleh 70 ribu malaikat. Surat apa itu?

Tak lain Surat Al-An'am, yang merupakan surat ke-6 dalam kitab suci Al-Quran. Surat ini merupakan surat Makkiyah, yang diturunkan di Kota Makkah atau sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Surat ini memiliki ayat berjumlah 165.

Berasal dari bahasa Arab, al-An'am berarti "Binatang Ternak". Penamaan surat ini dikarenakan di dalamnya membahas berbagai hal tentang hukum hewan ternak dan adat istiadat kebudayaan kaum musyrik Quraisy Makkah akan kebiasaannya dalam menggunakan hewan ternak sebagai persembahan kepada Tuhannya. Tujuannya, untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Surat Al-An'am merupakan salah satu surat mulia dalam Al-Quran. Dalam sebuah riwayat dijelaskan, surat ini diturunkan sekaligus dan ketika diturunkan ada sebanyak 70 ribu malaikat ikut mengiringinya.

Dalam buku Rahasia Keutamaan Surat Alquran, Muhammad Zaairul Haq berkata, "Salah satu keutamaan mengamalkan Surat Al-An'am adalah akan didoakan oleh 70 ribu malaikat yang sesikit pun tidak pernah berbuat dosa dan maksiat kepada Allah."

Umat Islam bisa membaca tiga ayat pertama dalam Surat Al-An'am ketika masuk waktu Subuh. Hal ini bertujuam agar mendapatkan perlindungan dari Allah dan mendapatkan pengakuan sebagai hamba-Nya kelak di hari kiamat.

Dengan keistimewaan ini, Surat Al-An'am memiliki keagungan dan kisah tersendiri. Bahkan, surat ini sangat baik untuk diamalkan dan dibaca secara istikamah oleh seorang hamba yang mengharapkan cinta, pertolongan, dan kedekatan kepada-Nya.

Topik
Keutamaan Al QuranPemilahan sampah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru