Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu Dimulai November, Ditarget Rampung 2023

Aug 28, 2021 12:11
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu akan dimulai pada bulan November mendatang. Saat ini, Dinas Permukiman Kawasan Perumahan dan Pertanahan (DPKPP) Kota Batu bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tengah mempersiapkan lelang tender.

“Karena bulan November pembangunan fisik pasar mulai dilakukan, persiapan yang sedang dilakukan segera melelang tender revitalisasi Pasar Besar Kota Batu,” ungkap Kepala DPKPP Kota Batu, Bangun Yulianto.

Tender segera dilakukan lanjutnya, lantaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) pembangunan Pasar Induk Kota Batu sudah turun sejak akhir Juni 2021 lalu. Dengan demikian revitalisasi harus segera dilaksanakan.

Hanya saja pada akhir tahun nanti anggaran yang dikeluarkan hanya 10 persen, dari total Rp 200 miliar anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBN). Sisanya digunakan pada tahun 2022.

Anggaran tersebut tidak diturunkan langsung sebab untuk menghindari adanya silpa. “Sebab tidak mungkin menggunakan anggara segitu besarnya diakhir tahun,” ujarnya.

“Karena pembangunan fisik banyak tahun 2022. Pembangunan ini dilakukan secara multi years, jadi dari kementrian hanya menggelontorkan 10 persen dari total anggaran,” imbuh mantan sekretaris DPKPP Kota Batu ini.

Sesuai jadwal revitalisasi akan dimulai pada November 2021 hingga Mei 2023 mendatang. Kemudian ada masa pemeliharaan selama enam bulan. “Mudah-mudah segera ditenderkan, semakin cepat akan semakin baik tentunya,” ucap Bangun.

Karena itu pihaknya meminta kepada pedagang Pasar Kota Batu tidak perlu khawatir. Sebab DIPA sudah turun, ditambah anggaran juga sudah disiapkan.

Sedang terkait Detail Engineering Desain (DED) saat ini dalam proses tahap revisi dengan Kementerian PUPR.  Sebab terdapat beberapa bagian yang harus diubah. 

“Kalau DED sudah tidak ada revisi lagi dan sudah benar-benar fix. Akan langsung saya berikan ke DPRD. Nantinya rencana kami pasang gambar besar, sekaligus di videotron,” tutupnya.

Topik
revitalisasi pasar besarKota Batuanggaran revitalisasi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru