Diduga Akibat Putung Rokok, Home Industri Dupa di Wagir Terbakar

Aug 28, 2021 09:54
Petugas pemadam kebakaran saat datang di lokasi kejadian.(foto: istimewa)
Petugas pemadam kebakaran saat datang di lokasi kejadian.(foto: istimewa)

JATIMTIMES - Sebuah bangunan home industri di Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang nyaris habis dilalap si Jago Merah pada Sabtu (28/8/2021) dini hari. Informasi yang dihimpun sementara, bangunan yang terbakar adalah home industri pembuatan dupa. 

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan Kebakaran (PK) Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Satpol PP Kabupaten Malang, Agus Suyanto mengatakan, api diketahui mulai menjalar ke beberapa bagian bangunan sekitar pukul 02.30 dinihari. 

"Dugaan sementara, api berasal dari putung rokok," ujar Agus Suyanto, Sabtu (28/8/2021).

Sementara tempat home industri tersebut diketahui milik warga Desa Sukodadi, Kecamatan Wagir bernama Kasiati. Setidaknya ada 5 armada kendaraan pemadam kebakaran yang datang ke lokasi untuk menjinakkan si Jago Merah. 

Setiba di lokasi kejadian sekitar pukul 02.50 WIB, petugas langsung melakukan upaya pemadaman. Setelah berjuang selama sekitar 30 menit, api baru bisa dipadamkan pada pukul 04.20 WIB.

Keterangan yang disampaikan salah satu warga, Koko, api dengan cepat menjalar melalui bahan-bahan produksi pembuatan dupa. Seperti salah satunya serbuk kayu atau grajen. 

Menurut Koko, saat kejadian warga setempat juga langsung berduyun-duyun memadamkan api dengan alat seadanya, sebelum petugas pemadam kebakaran datang di lokasi kejadian.

"Yang cepat kebakar itu bahannya dupa itu. Ya serbuk dupanya, atau serbuk kayu itu namanya grajen itu yang kebakar cepat. Alhamdulillah saat itu dibantu warga sebelum petugas (pemadam kebakaran) datang," ujar Koko, Sabtu (28/8/2021). 

Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian naas tersebut. Sementara itu, kerugian materil yang diakibatkan peristiwa tersebut ditaksir kurang lebih mencapai Rp 30 juta.

Topik
Insiden kebakaransaddam husseinKabupaten MalangPemadam Kebakaran
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru