Disuguhkan di Surga dan Mampu Tingkatkan Imun, Tanaman Herbal ini Tumbuh Subur di Tanah Indonesia

Aug 28, 2021 09:45
Minuman herbal (Foto: WellMe)
Minuman herbal (Foto: WellMe)

JATIMTIMES - Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, imunitas tubuh sangat penting untuk dijaga. Untuk meningkatkan imunitas tubuh terdapat beberapa makanan atau minuman yang harus dikonsumsi. 

Imunitas tubuh dapat terjaga jika mengasup nutrisi penting seperti antioksidan, vitamin, protein dan lainnya. Salah satunya yakni minum minuman herbal yang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW yang khasiatnya tercatat dalam Alquran untuk kesehatan tubuh.

5-herbal-01864e486885c71245.png

Bahkan salah satunya disebutkan sebagai salah satu minuman yang akan tersedia di surga. Berikut 5 herbal dan makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh yang sudah ada sejak zaman Rasulullah:

1. Habbatussauda

Cara meningkatkan imunitas tubuh bisa dengan memanfaatkan habbatussauda atau jintan hitam. Herbal yang satu ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW

Bahkan beliau menjadikan jintan hitam sebagai obat.

"Kami keluar bersama Ghalib ibnu Abjar, di jalan ia sakit. Saat sampai di Madinah ia masih sakit, Ibnu Abi Atiq menjenguknya lalu berkata kepada kami, 'Mestinya kalian gunakan Habbatussauda ini," (HR Bukhari).

Pada zaman Nabi, jintan hitam diambil sebanyak 5 atau 7 butir lalu ditumbuk dan diteteskan seperti minyak. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

"Sesungguhnya habbatussauda ini adalah obat dari segala penyakit. Kecuali penyakit as-sam atau kematian," (HR Bukhari).

Untuk diketahui, jintan hitam ini mengandung 15 jenis asam amino dan protein. Kandungan tersebutlah yang berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

2. Madu

Cara untuk meningkatkan imunitas tubuh juga bisa dengan mengonsumsi madu. Khasiat madu juga tercatat dalam Alquran yang selalu dimanfaatkan untuk kesehatan.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah, buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan,".

"Dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang dimudahkan bagimu. Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia," (QS An-Nahl ayat 68-69).

Madu mengandung zat kimia yang disebut alkali untuk menetralisir asam atau membentuk garam. Selain itu, terdapat kandungan potasium, sodium, kalium dan magnesium. 

Oleh sebab itu, madu berperan menyeimbangkan kadar alkali dalam tubuh. Madu juga bisa membersihkan tubuh dari zat asam yang menyebabkan hilangnya kekuatan tubuh dan membuat tubuh menjadi lemas.

3. Jahe

Sejak zaman Rasulullah hingga sekarang, jahe dimanfaatkan sebagai cara meningkatkan imunitas tubuh. Khasiat jahe tertulis dalam Alquran surah Al Insan ayat 17 yang artinya:

"Di dalam surga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe," (QS: Al Insan: 17).

Rasulullah SAW menganggap jahe sebagai tumbuhan yang sangat penting karena memiliki banyak manfaat. Dalam sebuah hadits dari Abu Sa'id Al Khudri disebutkan:

"Raja Romawi pernah menghadiahkan kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam satu bejana berisi jahe. Beliau memberikan kepada setiap orang satu potong untuk dimakan dan aku juga mendapatkan satu potong untuk kumakan," (HR: Abu Nuaim).

Manfaat jahe juga dijelaskan oleh seorang tabib dan ahli kesehatan di awal masa Islam bernama Ibnu Masawih. Beliau menyebut bahwa jahe dimanfaatkan sebagai obat gangguan kesehatan hati.

Selain itu juga bisa mengatasi masalah lambung, melancarkan sistem pencernaan, mensterilkan organ mulut dan sejak zaman Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai obat demam.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga salah satu herbal yang disunnahkan oleh Rasulullah untuk dikonsumsi. Minyak zaitun memiliki banyak khasiat kesehatan, salah satunya yakni ebagai cara meningkatkan imunitas tubuh.

Khasiat minyak zaitun pun tercatat dalam Alquran dalam surah An-Nur ayat 35, yang artinya:

".. yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis),". (QS An-nur:35).

Minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal. Nutrisi itulah yang memiliki efek anti-inflamasi.

Minyak zaitun juga memiliki efek antimikroba yang berperan untuk menghambat atau membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh.

5. Daun Kelor

Sering dianggap mistis, namun daun kelor justru sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Khasiat daun kelor juga tercatat di dalam Alquran surah Al Fath ayat 29, yang artinya:

"...Demikianlah sifat-sifat mereka dalam taurat dan sifat-sifat mereka dalam injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya; tanaman ini menyenangkan hati penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu'min)..." (QS. Al Fath:29).

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan, seperti flavonoid, polifenol dan asam askorbat yang dapat mengatasi radikal bebas. Selain itu, daun kelor juga mempunyai sifat anti-inflamasi.

Cara meningkatkan imunitas tubuh dengan daun kelor yakni cukup dengan menyeduhnya menjadi teh. Dengan mengonsumsi daun kelor dapat menekan enzim inflamasi dan protein yang berlebih di dalam tubuh.

Topik
minuman herbalmanfaat jaheherbal tingkatkan imunMaulid Nabi Muhammad SAWjintan hitamherbal tingkatkan imun
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru