Kisah Kakek yang Hidup Selama 7 Tahun di Atas Becak, Simpanan Uang di Balik Jok Bikin Kaget

Aug 28, 2021 07:48
Kakek yang tinggal di becak selama 7 tahun (Foto: Youtube Pratiwi Noviyanthi)
Kakek yang tinggal di becak selama 7 tahun (Foto: Youtube Pratiwi Noviyanthi)

JATIMTIMES - Cobaan hidup pasti akan selalu diberikan Allah SWT kepada hambanya. Jalan hidup setiap orang telah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. 

Beberapa diberikan rezeki hidup berkecukupan, sementara ada pula yang diuji dengan kehidupan pas-pasan bahkan hidup menggelandang di pinggir jalan.

Cobaan hidup itulah yang rupanya harus dijalani oleh seorang kakek di Pare, Kediri, Jawa Timur. Selama 7 tahun, si kakek ini harus tinggal di atas sebuah becak yang menjadi rumahnya sehari-hari.

Kisah kakek yang tak disebutkan namanya itu terlihat melalui tayangan konten video yang diunggah di kanal YouTube Pratiwi Noviyanthi.

"Mbah ini tidurnya di sini. Semua-semuanya di sini, panas kepanasan, hujan kehujanan, terlantar selama 7 tahun. Mbahnya gak narik (becak), karena ini becaknya untuk tempat tinggal," ungkap Novi pemilik channel YouTube.

Kakek

Segala kebutuhan hidupnya pun tersimpan di setiap sudut becak. Bahkan terlihat ada piring, gelas, pakaian, hingga selimut yang siap menemaninya untuk beristirahat dan berlindung.

"Nih, ada peralatan makannya. Nih ada selimutnya di sini," sambungnya.

Umur si kakek itu menginjak kepala 8. Di usia senjanya, kakek harus mengurus segala sesuatunya seorang diri. Ia tidak memiliki sanak keluarga untuk tempatnya berpulang dan berlindung. 

"Keluarganya mana?" tanya Novi lagi.

"Gak punya keluarga, istri ndak ada, anak ndak ada," jawab kakek itu.

Kendati demikian, ada satu hal yang cukup mengejutkan dari kakek tersebut. Meski tinggal di sebuah becak yang rusak, Novi kaget saat tahu sang kakek memperlihatkan uang simpanannya.

Uang-uang itu dikumpulkan selama bertahun-tahun menjadi tukang becak. Kakek itu ternyata menyimpan tumpukan uang di balik selimut yang menjadi alasnya untuk duduk.

"Ya Allah, banyak banget," ujar Novi kaget. 

kakek1

Seluruh uang tampak diikat dengan seutas karet. Tumpukan uang yang terikat itu terlihat tertata rapi.

Setelah mengetahui uang simpanan sang kakek, banyak orang yang mengkhawatirkan keamanannya. Dibantu orang-orang di sekelilingnya, uang itu lantas dimasukkan ke dalam kantong kertas.

"Ini bahaya banget. Ditata rapi ya. Ini dibawa saja mbah," tambah Novi. 

Dengan kemurahan hati, Novi lalu mengajak kakek itu untuk tinggal di yayasan panti jompo. Meski awalnya menolak namun sang kakek akhirnya luluh dan mau ikut ke yayasan.

Menurut kesaksian salah satu warganet yang meninggalkan komentar di video itu, sang kakek diketahui harus mencuci baju di sebuah kali di Jalan Matahari, Kediri, Pare. Sementara saat siang hari, kakek membetulkan becaknya di depan kantor kecamatan. 

Jelang petang, lanjut warganet berakun Lusy PS, si kakek biasanya sudah tertidur di atas becaknya. Lusy mengungkapkan sering menyenggol kakinya setiap ingin menyumbangkan makanan karena pendengaran kakek itu sudah tidak berfungsi dengan baik.   

"Selalu bilang Alhamdulillah setiap dikasih makanan, dan selalu bilang maturnuwun dan didoain yg baik2 sm beliau.. Kalo hujan beliau neduh di teras toko itu, sambil pake selimut, pake kaos kaki," tulis Lusy PS dalam kolom komentar.

Topik
kisah kakektidur di becaklaga perdanakisah inspiratif
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru