Pemkab Malang Sukses Tangani Covid-19, Status Berubah Zona Orange

Aug 27, 2021 20:13
Peta sebaran covid-19 di Jawa Timur (foto: Dinas Kominfo Jawa Timur)
Peta sebaran covid-19 di Jawa Timur (foto: Dinas Kominfo Jawa Timur)

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sukses melakukan penanganan covid-19. Hal itu dibuktikan dengan status penyebaran covid-19 di Kabupaten Malang yang menunjukkan zona orange.

Bupati Malang HM Sanusi ketika ditanyai tentang kesuksesan membawa Kabupaten Malang turun dalam status penyebaran covid-19 memilih merendah. Sebab, ia mengaku saat ini pihaknya masih menerapkan PPKM Level 4 sesuai Inmendagri yang mengacu pada aglomerasi Malang Raya.

“Sampai sekarang masih tetap PPKM level 4. Jadi pelaksanaan level 4, tapi kenyataan nya level 3,” kata Sanusi saat dijumpai di Peringgitan Pendapat Kabupaten Malang, Jum'at (27/8/2021) sore.

Secara teknis, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang Wahyu Hidayat mengaku bahwa turunnya status tersebut merupakan jerih payah yang dilakukan Pemkab Malang dalam menangani covid-19. Selain itu, masyarakat juga dianggap telah mengerti dan mematuhi tentang aturan yang telah dibuat.

“Jadi sudah ada bukti apa yang dilakukan teman-teman di lapangan dan juga sudah ada kesadaran dari masyarakat untuk bisa mengikuti apa yang jadi ketentuan dari pemerintah,” ungkap Wahyu.

“Tapi ini harus benar-benar dijaga, sebab jangan karena sudah orange lalu mereka melakukan sesuatu yang memang tidak diperbolehkan,” imbuhnya.

Disinggung tentang indikator menurunnya status dari zona merah ke zona orange, Wahyu mengaku dilihat dari zonasi yang dibuat per RT sudah bisa. Karena selama ini, per RT di sebuah desa atau dusun telah diberlakukan aturan memasang bendera sesuai dengan level konfirmasi positif.

“Kami juga menggunakan perhitungan hingga RT. Tapi untuk level itu memang indikatornya juga dari mobilitas,” terang dia.

Disisi lain, salah satu faktor yang menyebabkan juga karena kesadaran masyarakat tentang vaksinasi telah tercipta. Sehingga, harapan terciptanya herd immunity akan segera tercapai.

“(kesadaran masyarakat, red) tentang vaksin juga naik, itu juga salah satu indikatornya,” tukasnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kominfo Jawa Timur yang bersumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Malang per 26 Agustus 2021 tercatat ada 13,207 positif covid-19, dimana terdapat 11,353 sembuh dan 726 angka kematian. Sementara juga masih terdapat 1,128 kasus aktif.

Topik
Percepat Penanganan Covid 19Penanganan Covid 19Kasus Covid 19Kabupaten MalangBupati Malang HM Sanusi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru