Transmisi Alami Gangguan, Aliran Listrik di Tiga Wilayah Jatim Padam

Aug 27, 2021 17:36
Ilustrasi gardu PLN yang berada di salah satu sudut Kota Malang, Jumat (27/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Ilustrasi gardu PLN yang berada di salah satu sudut Kota Malang, Jumat (27/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Disebabkan adanya gangguan sistem transmisi 150 kV (kilovolt), aliran listrik di tiga wilayah Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada pukul 14.59 WIB mengalami pemadaman total.

"Tadi ada gangguan sistem transmisi 150 kV yang menyebabkan Pasuruan, Malang dan Blitar yang padam," ungkap Manajer PLN UP3 Malang Mohammad Eryan Saputra kepada JatimTIMES.com melalui saluran telepon, Jumat (27/8/2021). 

Untuk semua wilayah di Malang Raya juga mengalami pemadaman. Mulai dari Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. "Semua gardu induk kita sistem transmisi yang menyuplai gardu induk kita itu padam, jadi memang padam total tadi," jelasnya. 

Padamnya aliran listrik secara total tersebut juga menyebabkan beberapa sinyal handphone dengan masing-masing provider yang berbeda mengalami gangguan. "Iya kalau sinyal HP kan dari BTS (Base Transceiver Station, red). Kalau BTS tidak punya genset otomatis ya padam," ujarnya. 

Akhirnya, dengan dampak yang sempat membuat masyarakat berkeluh kesah beberapa saat, sejak padamnya aliran listrik, tim dari UP3 PLN Kota Malang melakukan perbaikan. 

"Ini lagi tahap penormalan. Untuk gardu itu sudah penegangan semua, insya allah dalam waktu lima menit lagi sudah normal semua, karena kita bertahap memasukkan penyulangnya," tuturnya. 

Termasuk di wilayah Malang Raya juga akan menyala total. Dari pantauan pewarta, di pusat pertokoan sekitar Alun-alun Tugu Kota Malang lampu-lampu juga telah tampak menyala. 

Sementara itu, umtuk mencari penyebab terjadinya gangguan sistem transmisi di gardu induk yang menyebabkan aliran listrik padam, pihaknya masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

"Ini kita belum tahu ya gangguannya apa karena ini sistem transmisi, jadi masih tahap investigasi dari tahap transmisi. Info pastinya nanti kita rilis," pungkasnya.

Topik
Pemadaman Listrikbagi bagi nasi kotakharbolnas ramadan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru