Empat Warga Terdampak Proyek MCC Sepakat, Perbaikan Rumah Usai Pemasangan Tiang Pancang Selesai

Aug 27, 2021 17:26
Suasana proyek pembangunan MCC (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)
Suasana proyek pembangunan MCC (foto: Anggara Sudiongko/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Progres kesepakatan dengan warga terdampak proyek Malang Creative Center (MCC), mengalami kemajuan. Empat warga yang rumahnya terdampak adanya pembangunan Proyek MCC, kini telah sepakat dengan kontraktor proyek untuk melakukan perbaikan usai pemasangan tiang pemancang selesai. 

Hal tersebut, dibenarkan oleh Samsul Alam, Pelaksana Proyek MCC. "Sudah sepakat semua, dari empat orang, kemarin yang satu masih belum sepakat, tapi sekarang sudah sepakat, diwakili suaminya," jelasnya saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut dijelaskan, sebelum proyek berlangsung, pihaknya telah melakukan survei terhadap bangunan di sekitar. Sehingga perbaikan nantinya akan dilakukan sesuai dengan obyek kerusakan. Namun saat ini, perbaikan masih belum bisa dilakukan lantaran pemasangan tiang pancang masih belum selesai. 

"Sehingga perbaikan rumah dilakukan kalau pemasangan tiang pancang selesai. Kalau belum selesai kan nanti bisa rusak lagi," bebernya.

1

Mengenai progres pembangunan MCC, saat ini sudah sekitar 13,5 persen. Pemasangan tiang pancang juga masih terus berlangsung. Hingga pagi tadi, tiang pancang yang telah terpasang sebanyak 822. 

"Pemasangan kurang 134 tiang dari total 956 tiang pancang," ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Sahabudin menjelaskan, jika hal itu memang merupakan tanggungjawab kontraktor MCC. 

Dalam proses pemasangan tiang pancang, terdapat empat rumah warga yang terimbas atau mengalami sedikit kerusakan, mulai dari retak rambut pada plester, keretakan pada plafon hingga lantai. 

"Akibat dari metode pelaksanaan pekerjaan (proyek MCC), baik itu keretakan atau kerusakan apapun di sekitar, merupakan tanggung jawab kontraktor MCC. Dan itu kontraktor juga sudah siap," ungkapnya.

Meskipun dalam hal ini tanggungjawab telah jelas merupakan tanggungjawab kontraktor, namun saat ini masih belum bisa mengeksekusi lantaran masih dalam tahap proses pemasangan tiang pancang. Sehingga, perbaikan akan dilakukan setelah pemasangan selesai. 

"Kalau diperbaiki sekarang kan nanti bisa rusak lagi karena proses pemancangan belum selesai. Keretakan pun hanya retak rambut bukan struktur bangunan, jadi insyaallah tidak membahayakan," paparnya.

Mengenai hal tersebut, warga terdampak yang merupakan pemilik rumah telah menyepakati hal tersebut dengan surat pernyataan tertulis. Dari sebelumnya hanya tiga warga yang masih menandatangani kesepakatan, saat ini telah genap empat warga yang menandatangani kesepakatan.

Disampaikannya juga, pihak kontraktor selama ini juga turut memberdayakan warga sekitar dalam pekerjaan proyek MCC. Selain itu, masyarakat yang ada di sekitarnya berjualan makanan turut disupport pelaksana proyek dengan membeli makanan dari warga setiap minggunya secara rutin.

"Artinya di sini juga banyak melibatkan warga sekitar. Ketika nanti MCC jadi, tentunya juga akan berimbas positif bagi masyarakat sekitar," pungkasnya.

Topik
Pembangunan MCCbank jayProyek MCCdampak pembangunan mcc
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru