Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Jika Bed ICU RS Rujukan di Kota Batu Segera Ditambah, Gubernur Jatim Optimis Kota Batu Mentas Zona Merah

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

27 - Aug - 2021, 16:26

Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemprov Jatim)
Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemprov Jatim)

JATIMTIMES - Saat ini ada 4 kota/kabupaten masuk zona merah di Jawa Timur. Meski demikian Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa optimis Kota Batu bisa segera mentas dari zona merah atau risiko tinggi.

4 kota/ kabupaten yang masuk zona merah yakni Kota Batu, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Nganjuk, dan Kabupaten Blitar. 

Kota Batu mentas dari zona merah, jika kapasitas BOR bisa menurun. Melihat kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu sudah landai. Hanya saja Bor ICU atau tingkat keterisian tempat tidur ICU masih terlihat tinggi di Kota Batu.

“Kasus konfirmasi positif di Kota Batu sebenarnya sudah turun tapi yang membuat masuk zona merah ini karena keterisian ICU masih relatif tinggi,” ungkap Khofifah, Jumat (27/8/2021).

Penyebabnya karena jumlah tempat tidur ICU hanya memiliki 12 tempat tidur dari empat rumah sakit rujukan di Kota Batu. Karena itu perlu ada tambahan tempat tidur di Kota Batu.

“Saat ini Pemkot Batu sedang proses melakukan persiapan penambahan tempat tidur ICU,” kata Mantan Menteri Sosial RI ini.

Jika nanti tempat tidur di ICU ditambah maka BOR akan menurun sehingga akan berpengaruh pada 14 indikator epidemiologi di Kota Batu. Karena itu saat ini Pemkot Batu tengah mempersiapkan tempat tidur ICU.

“Rencananya kita akan menambahkan dua puluhan tempat tidur. Insya Allah akan ada proses relaksasi dari BOR rasio ICU di Kota Batu," ujarnya.

Khofifah pun optimis secepatnya Kota Batu bisa kembali pulih dan mentas dari zona merah. Jika keterisian tempat tidur segera ditambah.

Sedang hingga Jumat keterisian tempat tidur ICU di rumah sakit rujukan Kota Batu 8 tempat tidur. Sehingga masih ada kelonggaran 4 tempat tidur.

Sementara untuk tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan Kota Batu totalnya ada 136 tempat tidur. Saat ini sudah terisi 33 tempat tidur, sehingga masih tersedia 103 tempat tidur.


Topik

Kesehatan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus