Daun Bidara Disulap Menjadi Masker Organik Karya 5 Mahasiswa UM

Aug 27, 2021 13:12
Produk Sweeties Mask. Masker Organik.(Foto: Dokpri)
Produk Sweeties Mask. Masker Organik.(Foto: Dokpri)

JATIMTIMES - Sweeties Mask, masker organik dari daun bidara (Ziziphus mauritania) yang dapa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Produk inovasi ini merupakan ide kreatif dari Tim Sweeties Universitas Negeri Malang yang terdiri dari 5 orang. Ide kreatif ini bermula dari rasa keingintahuan kandungan dari daun bidara serta melihat maraknya bullying pada Wanita akibat permasalahan kulit. Selain itu, trend back to nature saat ini sedang digemari oleh kaum remaja hingga dewasa.

Fatimah Az-Zahro, Ketua Tim Sweeties mengungkapkan bahwa berdasarkan studi literatur, sebesar 58% usia remaja hingga dewasa mengalami permasalahan jerawat dan sebesar 57,35% wanita mengalami penuaan dini. “Tidak sedikit yang menjadi korban bullying karena permasalahan kulit wajah yang dialami oleh korban. Permasalahan kulit wajah tersebut bisa menurunkan kepercayaan diri pada remaja tersebut. Sehingga kami ingin membuat produk yang bermanfaat dan mampu membantu remaja dalam mengatasi permasalahan wajah yang dialami sehingga meningkatkan kepercayaan diri dan menurunkan angka bullying.” Kata Fatimah.

Mahasiswa-UM-yang-telah-menciptakan-Sweeties-Maskfea81330d86fbe8c.jpg
Mahasiswa UM yang telah menciptakan Sweeties Mask (Masker Organik).(Foto: Dokpri)

Produk Sweeties Mask memiliki 3 varian diantaranya Kopi, Susu dan Coklat. Sweeties Mask mampu mengatasi permasalahan jerawat dan penuaan dini. Setiap variannya memiliki special benefit. Produk varian Susu memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit wajah. Varian Kopi memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Varian Coklat memiliki manfaat untuk mengembalikan struktur kulit wajah.

Perlu diketahui bahwasannya, daun Bidara (Ziziphus mauritania) memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk menjaga kesehatan sekaligus mengatasi permasalahan kulit wajah. Daun Bidara mengandung senyawa saponin dan antioksidan yang kaya akan manfaat. Masker organik Daun Bidara, Sweeties Mask sangat bagus digunakan sebagai masker wajah karena termasuk dalam kosmetik yang bekerja secara mendalam (depthcleansing) untuk mengangkat sel kulit tanduk yang sudah mati. Selain itu masker organik daun bidara juga memiliki manfaat lain diantaranya, sebagai antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, antifungi dan mencegah kekeringan pada kulit wajah.

Saat ini sudah banyak beredar di pasaran berbagai masker wajah. Tim Sweeties menuturkan bahwa Produk Sweeties Mask ini mampu bersaing dengan produk masker yang juga sedang beredar dipasaran. Sweeties Mask memiliki keunggulan yang tidak dapat ditemukan di produk masker lainnya, yakni desain kemasaan handy yang memudahkan untuk dibawa ke mana pun, menggunakan ziplock sehingga masker tidak terkontaminasi walaupun setelah dibuka. Selain itu sweeties mask memiliki harga yang relatif murah, dengan harga Rp.20.000, konsumen dapat membeli Sweeties Mask dengan berat 30 gram. Di bagian belakang kemasan terdapat barcode yang dapat di scan konsumen dan bisa terhubung dengan website sweeties mask, tujuannya agar konsumen mengetahui secara detail tentang produk tersebut.

Sweeties Mask diproduksi sejak bulan juni 2021 di Malang. Saat ini proses produksi, pemasaran, dan penjualan sedang berlangsung. Konsumen Sweeties Mask dapat melakukan pembelian secara online melalui Instagram, Fcebook, Twitter, Tokopedia, Shopee dan Lazada atau pun secara offline.

Topik
ruang mahasiswathe tomorrow warMasker Organiktaujihat mui 2021mahasiswa um
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru