Kisah Eks Menteri Afghanistan yang Kini Banting Setir Jadi Kurir Pizza

Aug 27, 2021 09:47
Syed Ahmad Shah Saadat (Foto: Twitter)
Syed Ahmad Shah Saadat (Foto: Twitter)

JATIMTIMES - Kisah mengejutkan datang dari mantan Menteri di Afghanistan Syed Ahmad Shah Saadat. Bagaimana tidak, mantan menteri itu dilaporkan kini banting setir menjadi pengantar pizza. 

Ia disebut menjadi pengantar pizza di Jerman. Melansir melalui India Today, pada tahun 2018, Syed Ahmad Shah Saadat adalah Menteri Komunikasi dan IT Afghanistan di era pemerintahan Presiden Ashraf Ghani. 

Syed Ahmad memegang 2 gelar master dalam komunikasi dan teknik elektronik dari Universitas Oxford. Ia mengabdi sebagai menteri selama 2 tahun sebelum mengundurkan diri di tahun 2020 karena berselisih paham dengan Ghani.

Setelah mengundurkan diri, ia pun pergi meninggalkan Afghanistan. Ia lantas dilaporkan tiba di Jerman pada Desember tahun 2020 lalu.

Setahun meninggalkan jabatannya, Syed Ahmad kini dilaporkan mengambil pekerjaan sebagai kurir layanan pengiriman di Leipzig dan sedang dalam perjalanan untuk mengantarkan pizza saat ia tertangkap kamera oleh seorang jurnalis lokal.

Menteri Afghanistan

Foto Syed Ahmad Shah Saadat pun kemudian viral di media sosial dan diunggah melalui Twitter @eha_news. Dalam foto itu, Saadat tampak mengenakan pakaian warna oranye dengan tas tergantung di punggungnya. 

Beberapa gambar yang diposting menunjukkan Syed Ahmad Shah Saadat mengantarkan pizza dengan mengendarai sepedanya di Leipzig, Jerman. Seorang jurnalis Jerman mengaku telah melihat Syed Ahmad Shah Saadat di jalan saat sedang mengantarkan pizza dengan sepeda.

"Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang pria yang mengaku sebagai menteri komunikasi Afghanistan selama dua tahun lalu. Saya bertanya apa yang dia lakukan di Leipzig. 'Saya berkendara keluar dari Essen untuk Lieferando" (pria itu memberi tahu wartawan)". Lieferando menyediakan layanan pengiriman makanan di Jerman," tulisnya.

Foto-foto Syed Ahmad beredar di saat Afghanistan sedang mengalami salah 1 krisis terburuknya. Kekacauan melanda Afghanistan sejak Taliban berkuasa di negara itu sejak sepekan lalu.

Saat ditanya tentang perkembangan di Afghanistan, Syed Ahmad Shah Saadat mengatakan jatuhnya pemerintahan Ghani terjadi begitu cepat dan tidak diharapkan. "Jatuhnya pemerintahan Ashraf Ghani begitu cepat, tidak diharapkan," kata Syed Ahmad Shah Saadat.

Topik
Afghanistanpengantar pizzadirga sakti rambe
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru