Indonesia Disebut akan Alami Hiperendemi Covid-19, Apa Artinya?

Aug 27, 2021 08:41
Ilustrasi (Foto:djawanews)
Ilustrasi (Foto:djawanews)

JATIMTIMES - Level Covid-19 di Indonesia disebut akan menjadi pandemi ke hiperendemi, bukan endemi. Terdapat beragam faktor yang menyebabkan Indonesia mengalami hiperendemi.

Lantas apa yang dimaksud dengan hiperendemi? 

Melansir melalui laman CDC, dalam epidemiologi, istilah hiperendemi merujuk pada penyakit yang terus-menerus ada dalam suatu populasi dengan tingkat insiden dan/atau prevalensi (kejadian) yang tinggi dan yang sama-sama mempengaruhi semua umur.

Sedangkan menurut definisi dari Institut Robert Koch di Jerman, hiperendemisitas tak selalu dikaitkan dengan tingkat kejadian yang tinggi. Hiperendemi merupakan penyakit yang ada di mana-mana dengan sirkulasi yang sedang berlangsung di daerah endemik dengan tingkat prevalensi yang tinggi.

Akibatnya, suatu wilayah hiperendemi menunjukkan angka kejadian yang relatif rendah namun pada saat yang sama menimbulkan risiko infeksi yang tinggi bagi orang-orang yang datang ke wilayah tersebut.
Untuk diketahui, daerah hiperendemik didefinisikan sebagai daerah dengan tingkat endemisitas tinggi secara musiman di mana kekebalan tidak berhasil mencegah efek penyakit untuk semua kelompok umur.

Sebelumnya, Indonesia akan mengalami hiperendemi Covid-19 disampaikan oleh  Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra.

Ia menyebut salah 1 penyebab hiperendemi yakni terkait transmisi kasus Covid-19 yang masih tinggi. Positivity rate rata-rata masih di atas 20 persen, jauh dari standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yakni 5 persen.

"Kalau saja pandemi itu akan dicabut WHO setelah mengevaluasi pengaruhnya di dunia di berbagai benua dan negara, Indonesia potensial terjadi hiperendemi," ujar Hermawan.

Hermawan juga menjelaskan jika hiperendemi ini memiliki makna penyakit yang akan bertahan dengan status risiko yang masih tinggi, apalagi belum ditemukan obat dan vaksinnya. Bahkan Indonesia belum mampu secara mandiri baik dari sisi fasilitas maupun vaksinnya.

 

Topik
hermawan saputraCovid 19viratalisa
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru