Sukses Ungkap Pencurian Rel Kereta Api, Polres Malang Didatangi PT KAI

Aug 26, 2021 21:59
Perwakilan PT KAI Daop 8 Surabaya saat memberikan penghargaan kepada Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Perwakilan PT KAI Daop 8 Surabaya saat memberikan penghargaan kepada Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sukses mengungkap kasus pencurian rel kereta api beberapa waktu lalu, Polres Malang diapresiasi dan diberi penghargaan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya.

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono mengatakan bahwa kerja keras anggotanya, salah satunya yakni Polsek Kepanjen diapresiasi oleh PT KAI Daop 8 Surabaya. Karena telah berhasil mengungkap dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan berupa besi baja rel kereta api yang terjadi di wilayah Kepanjen, Kabupaten Malang beberapa hari lalu.

“Benar bahwa jajaran kami telah mengungkap dugaan tindak pidana curat atau pencurian dengan pemberatan rel KA di daerah Kepanjen,” ungkap Bagoes.

Dalam pengungkapan perkara ini, Kapolsek Kepanjen Kompol Yatmo mengamakan 2 orang pelaku berinisial FPP dan MA yang merupakan pegawai outsourching PT KAI dengan barang bukti diantaranya, 10 potongan besi baja rel KA yang dipotong menjadi ukuran 2 meter, 1 unit mobil pick-up, 1 buah tabung LPG 3 Kg, 2 buah tabung oksigen, 1 buah alat las yang igunakan untuk memotong rel KA dan 2 unit handphone yang digunakan pelaku untuk berkomunikasi. Atas peristiwa tersebut PT KAI mengalami kerugian lebih kurang mencapai Rp 100 juta.

“Kami berhasil mengamankan beberapa barang bukti yang diantaranya, sekitar sepuluh potongan rel kereta api, satu unit mobil pick-up yang digunakan untuk mengangkut barang curian oleh pelaku, tabung LPG 3 Kg, Tabung Oksigen, Alat Las dan HP milik kedua pelaku. Akibat perbuatan pelaku  PT KAI alami kerugian ratusan juta,” jelas Bagoes.

Dalam hasil penyelidikan diketahui bahwa barang bukti berupa besi baja rel KA yang telah di potong-potong oleh pelaku merupakan rel cadangan. Rencananya rel tersebut akan dijual oleh pelaku, namun belum sempat menjual hasil curiannya tersebut pelaku sudah diamankan oleh Polsuska.

“Pelaku mengakui bahwa rel kereta api yang dicuri tersebut akan dijual, namun sebelum menjual hasil curiannya tersebut, pelaku sudah kami amankan,” tambahnya.

Penghargaan kepada Kapolres Malang ini sendiri diberikan langsung oleh Heri Siswanto selaku Executive Vice President (EVP) PT. KAI Daops 8 Surabaya. Selain penghargaan kepada Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono, Heri juga memberikan penghargaan kepada Kasat Reskrim Polres Malang AKP Donny Bara’langi.

"Apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penangkapan pelaku pencurian rel kereta api di Desa Ardirejo Kepanjen," ucap Heri Siswanto.

“Saya mewakili PT KAI Daops 8 Surabaya beserta rombongan, mengucapkan terimakasih kepada Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono yang telah menyambut kami dengan sangat ramah, semoga silaturahmi dan kerjasama ini dapat terus terjalin,” imbuhnya.

Topik
muhammad faruq asroriPT KAI
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru