RAB Koni Kota Batu, Bonus Atlet Kantongi Medali Emas Rp 30 Juta

Aug 26, 2021 20:43
Cabor paralayang saat melakukan latihan di langit Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Cabor paralayang saat melakukan latihan di langit Kota Batu beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - 9 atlet bersiap dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua bulan Oktober mendatang. Sejumlah bonus tengah disiapkan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu maupun Pemkot Batu.

Dalam rencana anggaran biaya (RAB) Koni Kota Batu menganggarkan sejumlah Rp 30 juta. Bonus itu diberikan kepada atlet yang berhasil meraih medali emas pada PON XX, jika bisa bonus Rp 30 juta dapat dikantongi.

Hanya saja lantaran pandemi Covid-19 KONI Kota Batu terimbas penyusutan anggaran sampai setengahnya. “Kalau sebelum pandemi Covid-19 anggaran sampai Rp 6 miliar, sekarang tinggal Rp 3 miliar,” ungkap Ketua KONI Kota Batu, Mahfud.

Hal tersebut karena refocusing untuk pandemi Covid-19. Semula saat anggaran mencapai Rp 6 miliar, anggaran Rp 1,5 miliar diperuntukkan bonus atlet. Namun saat pandemi anggaran hanya Rp 3 miliar, sehingga bonus atlet dihilangkan.

Sementara anggaran KONI yang disetujui masuk APBD Kota Batu adalah anggaran untuk Pemusatan Latihan (Puslat). “Pandemi Covid-19 membuat bonus tidak masuk dalam anggaran KONI Kota Batu,” imbuhnya.

Meski demikian, bonus nantinya akan diberikan kepada atlet beprestasi dari Kota Batu. Karena itu sudah menjadi komitmen Koni Kota Batu memberikan bonus bagi yang meraih prestasi dalam Porprov hingga ajang-ajang provinsi, nasional hingga internasional.

Sementara itu Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso menambahkan, jika ada atlet Kota Batu yang bisa meraih prestasi pada PON akan diberi bonus. Nanti anggaran bonus itu akan dianggarkan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK).

“Bonus akan diberikan kepada atlet yang berprestasi di PON. Nanti akan kami ajukan anggaran pada PAK,” ucapnya. Sedang di Kota Batu ada 15 orang terbaik yang mewakili Jawa Timur dalam ajang tersebut.

15 orang yang akan terbang dalam PON di Papua tersebut terdiri dari 9 atlet, 4 mekanik dan 2 pelatih. Terbagi dari cabor paralayang, selam laut, bermotor, tarung drajat, dan pencak silat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pon xx papuaKONI Kota Batubonus atlet ditiadakanatlet pon xx

Berita Lainnya

Berita

Terbaru