Cara Polres Batu dari Pintu ke Pintu, Tumbuhkan Semangat Lansia untuk Vaksinasi Covid-19

Aug 26, 2021 18:53
Salah satu lansia yang mendapatkan vaksinasi dari tim urkes Polres Batu di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu lansia yang mendapatkan vaksinasi dari tim urkes Polres Batu di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Polres Batu punya cara tersendiri untuk membantu mencapai target vaksinasi Covid-19 di Kota Batu. Salah satu upayanya dengan melakukan jemput bola dari pintu ke pintu.

Cara jemput bola itu dilakukan khususnya pada lanjut usia (lansia) di Kota Batu. Seperti halnya lokasi yang  menjadi jujukan Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Batu di Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Ternyata salah satu alasan para lansia tidak dapat ke lokasi vaksinasi Covid-19 karena terkendala tidak ada yang mengantar. Karena hal tersebut sehingga mereka tidak melakukan vaksinasi.

Tetapi tim Urkes Polres Batu terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada lansia terkait dengan vaksinasi Covid-19. Baru setelah sosialisasi selesai dilakukan, tanpa ragu para lansia bergegas mengambil kartu tanda penduduk (KTP) dan menyerahkan kepada petugas.

Setelah itu mereka harus melakukan screening terlebih dahulu. Jika memenuhi syarat, mereka bisa langsung mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Paur Kesehatan Urkes Polres Batu, Ipda Harianto mengatakan, bermula mendapati informasi dari Bhabinkamtibmas langsung melakukan pelayanan dari pintu ke pintu. “Dari informasi Bhabinkamtibmas sehingga kami lakukan pelayanan ini,” ucapnya.

Pelayanan vaksinasi dari pintu ke pintu itu dilakukan sejak dua Minggu silam. Hanya saja, karena keterbatasan tenaga kesehatan dan waktu, pihaknya memilih yang paling membutuhkan atau prioritas.

Sedang sampai Kamis (26/8/2021) sudah 32,96 persen warga Kota Batu yang tervaksin untuk dosis pertama. Kemudian pada dosis ke dua baru 21,93 persen. Untuk pemakaian jumlah vaksin 54.360 dosis.

Hingga saat ini Pemkot Batu dibantu TNI/Polri sedang berupaya dalam mewujudkan kekebalan kelompok. Untuk mencapai kekebalan kelompok yang harus tervaksinasi  mencapai 70 persen atau sekitar 149,7 ribu sasaran.

Pemkot Batu memperkirakan kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Batu bakal tercapai pada tahun 2022 mendatang.

Topik
vaksinasi kota batuVaksin Covid 19Vaksinasi Covid 19dana sharingvaksinasi lansia
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru