DLH Kota Malang Sebut SDM Sanitary Landfill Telah Siap, Tapi..

Aug 26, 2021 18:49
Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)
Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto (foto: Hendra Saputra/ MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan dimaksimalkan di Sanitary Landfill diakui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang sudah siap. Namun saat ini pihaknya masih menunggu peralatan yang masih berada di Jerman.

Kepala DLH Kota Malang, Wahyu Setianto mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menunggu peralatan. Sebab dari informasi yang didapat, peralatan tersebut masih berada di Jerman akibat pandemi Covid-19.

“Kami juga menunggu peralatan yang ada di sanitary landfill yang dari Jerman, nah informasi nya di sana kan masih lockdown, jadi belum bisa kirim itu. Karena itu jadi molor lagi, tapi tidak apa-apa,” ungkap Wahyu.

Sebenarnya kata Wahyu, sanitary landfill targetnya bisa beroperasi pada Juli kemarin. Bahkan, pihaknya telah merekrut puluhan SDM dimana rencananya akan mengoperasikan peralatan dari Jerman tersebut.

“Bulan April ada perekrutan, jadi kami merekrut SDM sekitar 66 orang, itu full untuk pengoperasian yang disana. Awal Juni kami persiapan, lalu awal Juli sebenarnya kami sudah mulai pelatihan, karena kita ada pandemi yang luar biasa akhirnya sementara pelatihan disetop dulu,” papar dia.

Wahyu pun mengaku bahwa nantinya di sanitary landfill itu ada tiga kegiatan, di antaranya adalah pemilahan sampah untuk pupuk, pemilahan sampah yang anorganik. “Untuk landfillnya masih belum. Di situ nanti akan menghasilkan seperti biogas begitu,” kata Wahyu.

Disinggung mengenai target pengoperasian, Wahyu mengaku pihaknya berharap akhir tahun dapat dijalankan. Sebab, ia berharap pengelolaan sampah dapat segera berjalan dengah lancar.

“Untuk target kami harap sebenarnya sebelum akhir tahun, tapi terkendala pandemi dan alatnya. Oke lah kalau alatnya itu bisa disikapi dengan yang lain, beberapa kali kesana kami sudah coba, dan alatnya memakan listrik yang luar biasa,” terang Wahyu.

Baru-baru ini, DLH Kota Malang telah melakukan zoom meeting dengan PUPR Jawa Timur yang mewakili Kementerian PUPR. Hal itu untuk membahas penataan UPT Pengelolaan Sampah yang akan kedatangan peralatan sanitary landfill.

Topik
DLH Kota Malangsanitary landfill kota malangbantuan ikan koi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru