Turut Andil Jaga Ketersediaan Stok Darah, RSI Unisma Rutin Gelar Donor Darah

Aug 26, 2021 16:16
Flyer kegiatan donor darah RSI Unisma (Ist)
Flyer kegiatan donor darah RSI Unisma (Ist)

JATIMTIMES - Bagian dari memperingati Harlah ke-27, Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma Malang menggelar berbagai kegiatan sosial non Covid, seperti halnya donor darah.

Anang Isnani Mustofa Kanit Humas RSI Unisma menjelaskan, meskipun digelar dalam rangka Harlah ke-27 RSI Unisma, namun sejatinya kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan RSI Unisma. 

"Sebenarnya setiap dua bulan sekali kita rutin menggelar ini. Cuma saat ini pas bertepatan dengan Harlah ke-27 RSI Unisma," bebernya saat dihubungi, Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, kegiatan ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang untuk berkontribusi menjaga stok kebutuhan darah di Kota Malang. Sebab, seperti diketahui, jika kebutuhan darah Kota Malang saat ini begitu tinggi, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19.

"Jadi ini bagian dari kontribusi kita, memfasilitasi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Termasuk juga teman-teman dari RSI yang ingin mendonorkan darahnya bisa langsung ke sini," paparnya.

Selain itu juga, digelarnya kegiatan ini untuk juga memotivasi masyarakat umum agar ikut andil dalam kegiatan sosial. Dalam pelaksanaan donor darah sendiri, tentunya dilaksanakan dengan protokol Kesehatan yang ketat. 

"Sebelum donor juga dilakukan screening kesehatan para pendonor, baik itu suhu, HB dan tensi," ungkapnya.

Dalam kegiatan donor darah sendiri, disambut antusias masyarakat maupun para tenaga kesehatan di RSI Unisma. Mulai dibuka sekitar pukul 08.00 wib hingga pukul 11.00 wib, terdapat sekitar 32 masyarakat yang ikut dalam screening sebelum donor darah. 

"Tapi dari 32 yang ikut screening itu, yang lolos hanya sekitar 20 orang untuk donor darah. Beberapa yang tidak lolos dari informasi baru saja melakukan vaksin," pungkasnya.

Sementara itu, selain donor darah, kegiatan sosial non Covid yang dilakukan RSI Unisma, antara lain Khitan Sehat yang diselenggarakan pada 29 Agustus 2021. Kegiatan tersebut juga ditujukan untuk masyarakat umum dan dilakukan secara gratis. 

Topik
iin noor chozinharlah 27 rsi unismapenanganan covid kota blitar
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru