PAUD PNF Disdikbud Gelar Rakor Peningkatan Peran Bunda PAUD

Aug 26, 2021 13:43
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM (kanan) dan Bunda PAUD Kota Malang Hj Widayati Sutiaji S Sos MM (kiri)(Ist)
Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana SE MM (kanan) dan Bunda PAUD Kota Malang Hj Widayati Sutiaji S Sos MM (kiri)(Ist)

JATIMTIMES - Peningkatan kualitas pendidikan usia dini atau PAUD terus didorong Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang. Upaya tersebut salah satunya dilakukan melalui gelaran rapat koordinasi dengan agenda peningkatan peran Bunda PAUD Kota Malang.

Kepala Disdikbud Kota Malang Suwarjana menjelaskan, jika kegiatan ini bertajuk Penguatan Peran Bunda PAUD Kota Malang dengan dua pokok tujuan yang nantinya dapat diwujudkan dengan kerja bersama, bersama bekerja. 

"Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, selain melibatkan unsur dari Disdikbud juga terdapat unsur dari Dinas Kesehatan, serta Dinas Sosial P3APKB” tutur Suwarjana.

1

Lebih lanjut pria yang kini akrab disapa Mas Kadin menambahkan, dua tujuan pokok dari kegiatan ini adalah sebagai wahana mendorong peningkatan peran Bunda PAUD tingkat Kota Malang untuk melakukan advokasi ke berbagai pemangku kepentingan di daerah.  Hal itu dalam rangka menguatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya PAUD. 

"Selain itu juga sebagai proses penguatan dukungan bagi satuan PAUD agar dapat menyediakan layanan-layanan PAUD berkualitas," terangnya.

Sementara itu, Bunda PAUD Kota Malang Hj Widayati Sutiaji menambahkan, jika Wali Kota Malang menaruh perhatian khusus pada pendidikan serta penguatan karakter. Melalui pendidikan yang berkualitas, pembiasaan karakter berdasar nilai luhur bangsa serta Pancasila pada peserta didik yang notabene merupakan generasi penerus bangsa mutlak dijalankan secara terstruktur, berkesinambungan, terarah dan terprogram. 

3

"Dengan begitu, di masa mendatang generasi bermartabat dan Pancasilais dapat diwujudkan. Terima kasih atas segala daya dan upaya serta kerjasama yang sinergis yang telah dijalankan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang di bawah koordinasi bapak Suwarjana,” tuturnya.

Lebih lanjut wanita anggun berhijab yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang itu menjelaskan, tujuan serta harapan tersebut dapat terlaksana serta terwujud dengan baik manakala terjalin satu kesatuan tekad serta kerjasama dengan berbagai pihak. Sebab bagaimanapun, pendidikan bukan hanya tanggung jawab satu pihak saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Rr Andayoen Sri Afriana mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka. Kegiatan selanjutnya akan dilanjutkan dengan beberapa kegiatan lainnya sampai dengan bulan Oktober 2021 mendatang.

3

”Ada empat kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai tindak lanjut pembukaan kegiatan pada hari ini. Diantaranya pembentukan POKJA Bunda PAUD Tingkat Kota Malang, penguatan kapasitas Bunda PAUD tingkat Kecamatan dan Kelurahan, Kolaborasi Bunda PAUD tingkat Kecamatan/Kelurahan dengan Disdikbud dalam bentuk pendampingan kepada Satuan PAUD untuk memenuhi unsur layanan holistik integratif serta monitoring dan evaluasi terhadap hasil dari kegiatan yang tercantum di program kerja Pokja Bunda PAUD Kota Malang.” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh perwakilan dari jajaran instansi samping, seperti dari Dinas Kesehatan Kota Malang Meifta Eti Winindar dan Dra Psi Latifah Hanun, perwakilan TP PKK Kota Malang Kustinah dan Kustiyah, perwakilan Dinas Sosial P3APKB, Sri Umiasih, Ketua IGTKI Kota Malang Lutfiah, ketua HIMPAUDI Kota Malang Rina Sulistyowati, Ketua PKG Kecamatan Lowokwaru Sadia Mewar, ketua PKG Kecamatan Kedungkandang Rini Wardani, serta ketua PKG Kecamatan Klojen Ichwan Kurniawan.

Topik
Disdikbud Kota Malangbaliho puan maharanir swasono amoeng widodo
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru