Setelah 404: Not Found, Kini Muncul Mural Mirip Jokowi dengan Masker di Mata

Aug 26, 2021 09:57
Mural Jokowi (Foto: Pojok Satu)
Mural Jokowi (Foto: Pojok Satu)

JATIMTIMES - Mural bernada kritik belakangan ini terus bermunculan di berbagai tempat. Kali ini, mural dengan sosok pria mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) muncul di jembatan layang atau fly over Pasupati, Bandung, Jawa Barat.

Kemunculan mural tersebut dinilai berkaitan karena kondisi masyarakat di pandemi covid-19. Narasi mural yang disampaikan masih berkaitan dengan perasaan warga yang mengkritik situasi saat ini.

Mural tersebut berukuran sekitar dua meter. Terlihat pula  mural itu bukan seperti gambar baru, tapi sudah agak kusam.

Sosok pria mengenakan pakaian putih mirip Jokowi itu tampak menindih lukisan lain yang sebelumnya sudah digambar lebih dulu. Gambar pria mirio Jokowi itu juga mengenakan sebuah masker yang menutupi mata dan hidungnya. 

 

Mural Jokowi

Namun, pada bagian tangan kanan, terlihat ia sedang memegang bagian kepala. Belum diketahui jelas siapa pembuat mural tersebut. 

Hanya, di bagian samping mural terdapat tulisan "Niskala'. Tulisan itu juga ada di bagian kerah sebelah kanan yang ukurannya lebih kecil.

Dilansir melalui wawancara eksklusif CNN Indonesia, Putri, seorang warga yang kerap melintas di kawasan Dago Cikapayang, mengaku mural itu sudah cukup lama ada di tembok tersebut. Namun ia tak mengetahui kapan pastinya mural itu ada.

"Saya sudah lihat beberapa hari yang lalu. Dari kemarin-kemarin juga sudah ada. Nggak tahu siapa yang buat," ujarnya.

Sebelumnya publik sempat dihebohkan mural yang juga mirip Jokowi. Pada mural tersebut, di bagian mata ditutupi stiker bertuliskan '404: Not Found'. Istilah itu lazim dalam dunia siber, menandakan laman yang dituju tidak bisa diakses atau tidak ada sama sekali.

Namun, mural tersebut telah dibersihkan. Ada empat  orang yang membersihkan mural yang terbuat dari kertas yang direkatkan (wheat paste).  "Bahannya kertas ditempel pakai lem," ujar salah satu pria yang membersihkan mural tersebut.

Nantunya setelah mural itu bersih, dinding tersebut akan dicat. Tampak pula sejumlah personel kepolisian yang turut mengawasi proses pembersihan mural itu.

Topik
Tm pengendali inflasi terbaikPresiden Joko WidodoJokowifilm home alone
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru