Pertemuan dengan Orangtua Maba, Rektor Bongkar Keuntungan Kuliah di UIN Maliki Malang

Aug 25, 2021 18:59
Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainudin MA saat memberikan sambutan kala pertemuan dengan para orangtua wali mahasiswa baru (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr Zainudin MA saat memberikan sambutan kala pertemuan dengan para orangtua wali mahasiswa baru (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam pertemuan virtual dengan para orang tua mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, Rabu (25/8/2021), Prof Dr M Zainuddin MA menyampaikan, jika kuliah di kampus Ulul Albab ini memiliki dua keuntungan.

Para mahasiswa yang belajar di UIN Maliki Malang, misalkan menempuh studi terkait ekonomi atau kedokteran, yang dipelajarinya sama dengan ilmu kedokteran di perguruan tinggi yang lain dalam kaitan ilmu pengetahuan umum.

Hanya saja, perbedaannya terletak pada keilmuan agama yang diintegrasikan dengan disiplin keilmuannya masing-masing. Sehingga, semua lulusan UIN Maliki Malang memiliki kedalaman spiritual, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.

"Selain mendapatkan ilmu pengetahuan umum, tentunya juga didapat ilmu atau pendalaman agama yang bagus. Apapun yang dipelajari di UIN Malang harus dikaitkan dengan alqur'an dan hadits. Ini adalah ciri UIN Maliki Malang, yang memadukan sains dan Islam," jelas Rektor UIN Maliki Malang ini.

Dilanjutkannya, selain itu, pembentuk karakter para mahasiswa tentunya akan kian terbentuk semakin bagus dengan adanya kewajiban untuk masuk ke dalam Ma'had.

"Pendidikan rohani, karakter di Ma'had, inilah yang menjadi mahasiswa memiliki kedalaman spritual dan keagungan akhlak," terangnya. 

Ma'had UIN Maliki Malang merupakan mahasiswa satu-satunya Ma'had yang ada diantara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), bahkan juga diantara Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Memiliki kapasitas 4 ribu orang, Ma'had UIN Maliki Malang juga banyak menjadi barometer perguruan tinggi lainnya.

"Ma'had selama satu tahun. Satu-satunya dan yang pertama di UIN Maliki Malang. Dan akhir-akhir ini juga banyak diikuti perguruan tinggi lain," bebernya.

Selain itu, banyak keunggulan lain di UIN Maliki Malang untuk menggembleng dan mengembangkan para mahasiswa. Terdapat pusat pengembangan bahasa asing, bahasa Arab, Inggris, dan Mandarin. Juga ada Haiah Tahfidz Al Qur'an, dan keunggulan UIN Malang juga integrasi keilmuan. 

"Sarananya lengkap. Pokoknya digembleng, ditempa agar memiliki spiritual, intelektual, moralitas yang tinggi," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Umi Sumbulah MAg menyampaikan, jika penerimaan mahasiswa baru di UIN Maliki Malang tahun akademik 2021/2022, mengalami peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya. Meski proses seleksinya dilakukan secara online, namun penjaringan mahasiswa baru berjalan dengan lancar.

Tahun ini jumlah total pendaftar maba dari lima jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, UMPTKIN, Mandiri Tulis, dan Mandiri Prestasi, mencapai 70.830 calon mahasiswa baru (camaba). Akan tetapi yang diterima hanya 3.751 camaba saja. 

"Ini artinya putra-putri bapak ibu bersaing 1 banding 21 camaba untuk bisa masuk di UIN Maliki Malang," jelasnya.

Ke depan, UIN Maliki Malang tentu membutuhkan bantuan, kerjasama dan kolaborasinya dari para orang tua wali mahasiswa baru untuk memberikan pendidikan terbaik bagi putra-putri generasi penerus bangsa.

"Karena ini masih masa pandemi, pembelajaran untuk sementara masih dilakukan secara daring," pungkasnya.

Topik
UIN Maliki Malangkeunggulan kuliah di uin maliki malangRektor UIN Maliki Malangproyek strategis nasional bendungan bagong
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru