Vaksinasi Covid-19 Tunawisma, Polresta Malang Kota Siapkan Satu Unit Mobil dan Nakes

Aug 25, 2021 18:45
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) saat memberikan penjelasan terkait perkembangan persiapan vaksinasi bagi tunawisma, Rabu (25/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto (tengah) saat memberikan penjelasan terkait perkembangan persiapan vaksinasi bagi tunawisma, Rabu (25/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Terkait perkembangan program vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat homeless atau tunawisma, Polresta Malang Kota telah menyiapkan satu unit mobil kesehatan beserta tenaga kesehatan (nakes). 

Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto mengatakan, untuk vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan bagi tunawisma direncanakan akan dilakukan pada akhir Bulan Agustus 2021. 

"Kita sudah menyiapkan satu unit mobil yang sudah kita lengkapi WiFi, nanti dengan tenaga kesehatannya. Dalam minggu ini akan kita laksanakan vaksinasi door to door kepada homeless," ungkapnya, Rabu (25/8/2021). 

Skema door to door dilakukan kepada masyarakat yang tidak dapat datang secara langsung ke puskesmas, Polresta Malang Kota maupun Kodim 0833/Kota Malang untuk melakukan vaksinasi. 

Mengenai teknis pendataan masyarakat tunawisma yang akan divaksin pada dosis pertama dan nantinya juga akan disuntik dosis kedua, perwira yang akrab disapa Buher ini mengatakan bahwa pihaknya akan melibatkan jajaran Bhabinkamtibmas dan Babinsa. 

"Ya nanti kita mendata mereka dari foto, terus keberadaan mereka. Mungkin kalau tidak ada nomor kontak kita akan menjemput bola. Di mana spot tempat tersebut dibantu dengan relawan dan Bhabinkamtibmas dan Babinsa," terangnya. 

Mengenai jenis vaksin, sejauh ini pihaknya mempersiapkan penggunaan vaksin Sinovac untuk tunawisma. Kemudian untuk jumlah dosis vaksinnya sendiri, pihaknya akan melihat jumlah orang tunawisma yang akan divaksin. 

"Memang kalau door to door kita menyiapkan sekitar 20-30 maksimal 50 dosis, karena kegiatan mobile ini tidak bisa dipaksakan dengan banyak dosis," ujarnya. 

Perwira dengan dua melati di pundaknya ini menuturkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tunawisma sempat terkendala beberapa waktu lalu. Pasalnya, para tenaga kesehatan yang dimiliki oleh Polresta Malang Kota ini sedang melakukan vaksinasi di beberapa lokasi. 

"Karena beberapa kendala kemarin, nakes kita melaksanakan kegiatan-kegiatan vaksin di UIN, Poltekkes dan UM," ujarnya. 

Selain itu, para tenaga kesehatan Polresta Malang Kota pada tanggal 16 sampai 19 Agustus 2021 sedang menjalani penyuntikan vaksin ketiga dengan vaksin Moderna. 

"Minggu kemarin tanggal 16 sampai 19 (Agustus, red) melakukan booster ketiga Moderna, sehingga tidak bisa melaksanakan vaksinasi," tandasnya.

Topik
dana Pemulihan ekonomi nasionalPolres Malang Kotavaksinasi kota malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru