PPKM Kota Batu Masih Level 4, Ini Alasannya

Aug 24, 2021 20:16
Alun-Alun Kota Batu tutup saat PPKM. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Alun-Alun Kota Batu tutup saat PPKM. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih diperpanjang hingga 30 Agustus 2021 mendatang. Sayangnya Kota Batu masih belum turun level alias masih tetap pada level 4.

Lebel 4 masih disandang Kota Batu lantaran beberapa faktor. Padahal, angka konfirmasi positif covid-19 di Kota Batu  terus turun dan angka kesembuhan tinggi. Namun, itu belum memengaruhi turunnya level.

“Untuk penentuan level, selain masalah kasus konfirm, juga ditentukan  jumlah pasien dirawat dan pasien meninggal,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Batu Onny Ardianto, Selasa (24/8/2021). 

Ya hingga saat ini, jumlah pasien konfirmasi covid-19 yang aktif ada 171 orang. Dari jumlah itu, 57 orang dirawat di rumah sakit rujukan. Kemudian 80 orang menjalani isolasi di shelter Yayasan Pelayanan Pekabaran Injil Indonesia (YPPII) Jalan Indragiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Dan ada 34 orang yang melakukan  isolasi mandiri.

“Saat ini walaupun bed occupancy ratio (BOR)  Isolasi susah  di bawah 60 persen, secara jumlah, pasien yang dirawat masih lebih dari 30 orang,” imbuhnya.

Tempat tidur isolasi rumah sakit rujukan 30,15 persen atau terpakai 41 tempat tidur dari total 136 tempat tidur yang disediakan di rumah sakit rujukan di Kota Batu. Sementara tempat tidur ICU rumah sakit rujukan 66,67 persen atau terpakai 8 tempat tidur dari total 12 tempat tidur yang disediakan sehingga masih menyisakan 4 tempat tidur.

“Selain itu, positivity rate yang menggambarkan untuk penyebaran masih berada di atas 5 persen (standar WHO),” ujar pria yang juga kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu ini.

Sedang kasus konfirmasi positif di Kota Batu saat ini mencapai 2.922 orang. Sementara kasus kesembuhan secara kumulatif mencapai 2.504 dan kasus kematian 247 orang. “Kondisi Kota Batu saat ini pada skor 1,82,  termasuk zona oranye atau statusnya risiko sedang,” tutup Onny.

Topik
ppkm di kota batuPSK diamankan satpol PPberita kota batu
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru