Atasi Gangguan Pelayanan, Perumda Tugu Tirta Kota Malang Perbaiki Pompa Wendit III

Aug 24, 2021 14:48
Petugas dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang saat melakukan perbaikan pada Pompa Wendit III, Selasa (24/8/2021). (Foto: Dok. Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)
Petugas dari Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang saat melakukan perbaikan pada Pompa Wendit III, Selasa (24/8/2021). (Foto: Dok. Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang)

MALANGTIMES- Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tugu Tirta Kota Malang melakukan perbaikan Pompa Wendit III agar pelayanan kepada pelanggan kembali normal. Perbaikan dilakukan karena pada tanggal 29 Juli 2021 lalu, salah satu pompa transmisi di Sumber Wendit mengalami kerusakan. Sehingga berdampak pada penurunan pendistribusian ke beberapa tandon air, yakni di Tandon Mojolangu, Tandon Tlogomas, Tandon Betek dan Tandon Buring. 

Hal itu juga berakibat pada layanan distribusi air di zona-zona tertentu untuk para pelanggan mengalami debit air kecil hingga tidak mengalir di jam-jam tertentu. 

Direktur Utama Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang M Nor Muhlas SPd MSi mengatakan bahwa dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas di Pompa Wendit III, terdapat beberapa kendala di motor pompa. 

"Didapati bahwa motor pompa 2 Wendit III mengalami kegagalan isolasi, yaitu short circuit antar gulungan di dalam kumparan. Hubungan singkat tersebut menyebabkan motor pompa tidak dapat bekerja dengan baik," ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MalangTIMES.com, Selasa (24/8/2021).

Kemudian pihaknya juga melakukan beberapa langkah antisipasi, agar kerusakan pada pompa tidak terjadi kembali. Mulai dari meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan terhadap sistem kelistrikan serta perawatan. Lalu segera memperbaiki perangkat sistem kelistrikan yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, untuk motor pompa yang mengalami kerusakan juga sudah dilakukan pengangkatan untuk dilakukan proses perbaikan serta segera memperbaiki motor-motor pompa cadangan yang mengalami kerusakan.

"Sebelum kejadian tersebut, sebenarnya kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pengadaan pompa secara lelang, namun terjadi gagal lelang karena peserta lelang gugur pada kelengkapan atau ketidaksesuaian secara administrasi," tegasnya. 

Lebih lanjut pihaknya menambahkan, untuk percepatan penanganan pelayanan terhadap keluhan pelanggan, secara paralel Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang akan melakukan servis pompa yang rusak. 

Muhlas berharap agar proses lelang dapat berjalan dengan lancar, sehingga percepatan perbaikan pompa dapat dilaksanakan dengan baik. "Dan pelayanan air dapat segera normal kembali," tuturnya.

Sementara itu, Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang sudah melakukan proses pengadaan pompa baru sebagai langkah meningkatkan produksi air di rumah pompa Wendit III. 

"Untuk sementara mohon para pelanggan rajin menampung air saat air mengalir sebagai persedian. Pelanggan juga bisa meminta pengiriman tangki air gratis dengan menghubungi nomor 0816550800," pungkasnya.

Topik
M Nor MuhlasPDAM Kota MalangPerumda Tugu Tirtaperumda air minum tugu tirta
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru