Jika Relokasi, Pedagang Pasar Batu Tempati Kios Semi Permanen dengan Fasilitas Ini

Aug 24, 2021 09:19
Suasana jual beli di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Suasana jual beli di Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Relokasi pedagang Pasar Besar Kota Batu rencananya akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Ribuan pedagang pun nanti harus bertahan hingga bulan Mei tahun 2023.

Dengan demikian nantinya pedagang harus menempati bedak relokasi di area Stadion Brantas Kota Batu selama 19 bulan. Tentunya hingga proses pengerjaan revitalisasi Pasar Besar Kota Batu selesai.

Selama 19 bulan, para pedagang tidak dikenakan biaya sewa alias gratis. “Semua pedagang tidak dikenakan biaya sewa, tapi tetap kami berikan yang terbaik,” ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono.

Selain bebas dari biaya sewa, pedagang juga tidak perlu membayar biaya listrik hingga air. Karena semua sudah ditanggung oleh Pemkot Batu. Sehingga para pedagang hanya tinggal menempati bedak relokasi.

Selain itu pada akhir bulan ini bakal dilakukan pembangunan kios semi permanen di area Stadion Brantas. Dengan spesifikasi menggunakan atap asbes dan dinding spandek.

Lalu bedak nantinya juga terbuat dari galvalum. Sehingga tidak ada triplek seperti umumnya. Dengan anggaran yang dikeluarkan Rp 6 miliar.

Tender pengerjaan itu dimenangkan oleh Mahakarya Abadi asal Kabupaten Lumajang. Dengan nilai untuk pembangunan semi permanen ini Rp 4,7 miliar. Sementara pagu anggaran disediakan Pemkot Batu senilai hampir Rp 6 miliar.

Pembangunan semi permanen harus segera dikerjakan lantaran pada akhir tahun ini revitalitasi Pasar Besar Kota Batu harus segera dimulai. Relokasi pedagang Pasar Besar Kota Batu akan ditempatkan di kawasan Stadion Brantas Kota Batu.

Ia menambahkan, lokasi tersebut akan dibagi untuk 1.097 pedagang pagi. Di mana mereka akan ditempatkan di lintasan atletik. “Untuk pedagang yang memiliki kios di tempatkan pada sisi selatan Stadion Brantas,” tutupnya.

Topik
relokasi pasardukungan ganjar pranowoRevitalisasi Pasarkualifikasi piala asia
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru