Kejar Herd Immunity, Pemkot Batu Giatkan Vaksinasi Covid-19, Capaian Baru 30,59 Persen

Aug 23, 2021 10:57
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksin kepada warga di Hotel Purnama beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Tenaga kesehatan saat menyuntikkan vaksin kepada warga di Hotel Purnama beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

BATUTIMES - Vaskinasi Covid-19 terus dilakukan percepatan oleh Pemkot Batu kepada warganya. Sampai Minggu (22/8/2021) tercatat vaksinasi Covid-19 yang menyasar warganya sudah mencapai presentase 30,50 persen.

 

Rinciannya, jumlah pemakaian vaksin 50.448 dosis. Untuk cakupan pada dosis pertama mencapai 30,59 persen. Sementara pada dosis ke dua baru tercapai 21,67 persen.

 

Selain vaksin Covid-19 digelontorkan oleh Pemkot Batu, juga dibantu oleh TNI/Polri, hingga Komisi IX DPR RI Dapil Malang Raya, dan sebagainya. Jenis vaksin yang diberikan ada dua macam, yakni astrazeneca dan sinovac (coronavac).

 

Hingga saat ini Pemkot Batu sedang berupaya dalam mewujudkan kekebalan kelompok. Untuk mencapai kekebalan kelompok yang harus tervaksinasi  mencapai 70 persen atau sekitar sekitar 149,7 ribu sasaran.

 

Dinas Kesehatan Kota Batu memperkirakan kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Batu bakal tercapai pada tahun 2022 mendatang. Melihat saat ininyang telah tervaksinasi Covid-19 sudah mencapai 30,59 persen.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu drg Kartika Trisulandari mengatakan, untuk membentuk kekebalan kelompok bergantung pada distribusi vaksin yang diberikan kepada Pemkota Batu. Jika dilakukan dengan lancar, tentu target itu mudah untuk mencapai target.

 

“Untuk mewujudkan kekebalan kelompok harus dibarengi dengan kebutuhan vaksinasi untuk mencapai target. Jadi kegika distribusi dari pemerintah pusat lancar, tentu akan cepat mencapai target tersebut,” ucapnya.

 

Melihat saat ini antusiasme warga yang ingin mendapatkan vaksinasi di Kota Batu cukup tinggi. Sehingga Kartika pun meminta kepada warga untuk bersabar bagi warga yang ingin vaksin.

 

Sedang sampai saat ini angka kumulatif konfirmasi positif sebanyak 2.896 orang hingga Minggu (22/8/2021). Lalu pasien aktif mencapa 191 orang.

 

Dari jumlah tersebut yang isolasi di rumah sakit sejumlah 68 orang. Isolasi di shelter sebanyak 76 orang. Dan yang isolasi mandiri 49 orang.

Topik
herd immunityVaksinasi Covid 19Kartika Trisulandari
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru