Selama PPKM, 4.612 Pelanggaran Terjadi di Wilayah Kabupaten Malang

Aug 22, 2021 20:44
Penindakan terhadap salah satu pelanggar yang dilakukan dalam operasi skala besar di wilayah Gondanglegi.(foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).
Penindakan terhadap salah satu pelanggar yang dilakukan dalam operasi skala besar di wilayah Gondanglegi.(foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang mencatat ada sebanyak 4.612 pelanggaran yang terjadi selama operasi yang digelar secara kewilayahan oleh muspika di zona kuning, oranye, dan merah selama masa Pemberlakuan Pembatasan  Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 21 Agustus 2021.

Dari jumlah tersebut, Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang Firmando Hashiholan Matondang menjelaskan, bahwa ada sebanyak 1.475 pelanggar diberi sanksi sosial. Juga  terdapat 752 pelanggaran tempat usaha.

"Kalau yang sampai disegel atau dikenakan tipiring (tindak pidana ringan) ada tiga," ujar Firmando, Minggu (22/8/2021).

Selain operasi yang dilakukan secara kewilayahan, pihaknya bersama tim gabungan dari personel TNI dan Polri juga mengoptimalkan peran pos penyekatan yang didirikan di 8 titik. Terutama di pintu masuk menuju wilayah Kabupaten Malang.

Dari catatannya, hingga saat ini sudah ada 91.047 kendaraan yang diperiksa. Jumlah itu terdiri dari 37.156 kendaraan roda dua dan  53.891 kendaraan roda empat. Dan juga ada sebanyak 5.634 kendaraan yang terpaksa diputarbalikkan karena berbagai alasan.

"Ada yang dilakukan rapid test saat melintas. Tercatat ada sebanyak 2.507 orang. Dan dari jumlah itu, 104 orang di antaranya positif dan harus putar balik," imbuh dia.

Di sisi lain, dari pengamatannya selama masa PPKM, kesadaran masyarakat di Kabupaten Malang sudah meningkat. Ia menyebut, dalam setiap operasi yustisi yang digelar, kurang lebih sekitar 95 persen masyarakat sudah sadar akan penerapan protokol kesehatan. Terutama dalam penggunaan masker. "Itu pun kadang maskernya diturunkan ke dagu," pungkasnya.

Topik
pelanggaran ppkmPemkab MalangKeluarga Siswoyo
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru