Lewat Ide Teknologi Bantu Bahasa Pemprograman, Dosen Unikama Lolos Pendanaan Teknologi Asistif

Aug 22, 2021 18:03
Ahmad Zaini SKom MT, kepala server dan jaringan Unikama. (Ist)
Ahmad Zaini SKom MT, kepala server dan jaringan Unikama. (Ist)

MALANGTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memang kaya akan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas. Salah satunya adalah Ahmad Zaini SKom MT. 

Pria yang sehari-hari juga menjabat sebagai kepala server dan jaringan Unikama itu lolos mendapatkan dana hibah inovasi pembelajaran dan pengembangan teknologi. Hibah dana itu dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbud Ristek.

Menurut Ahmad Zaini, teknologi asistif merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu pembelajaran mahasiswa yang berkebutuhan khusus atau mahasiswa yang slow learning.  Teknologi ini  bisa membantu pembelajaran mahasiswa berkebutuhan khusus agar bisa menerima atau mengikuti pembelajaran dengan baik.

"Saya coba buat satu proposal. Ide saya buat adalah teknologi bantu untuk mahasiswa yang kesulitan dalam belajar bahasa pemprograman secara teks," ungkapnya.  

Lebih lanjut dijelaskan, bahasa pemprograman tentunya berhubungan erat dengan syntax ataupun coding. Hal itu sulit untuk dipelajari mahasiswa berkebutuhan khusus atau mahasiswa yang slow learning.

Syntax yang berbentuk teks kemudian dikonversi ke dalam bentuk puzzle. Puzzle itu lebih merangsang dan membuat tertarik untuk memahami. 

"Kalau bicara syntax, basisnya kan teks. Kalau saya punya ide syntax, kemudian disampaikan dalam bentuk visual. Dengan berbentuk puzzle malah akan lebih mudah dipahami," jelasnya. 

Dengan aplikasi itu, nanti diharapkan para mahasiswa yang kesulitan dalam belajar bahasa pemprograman akan lebih mudah dan lebih cepat menangkap materi yang menjadi fokus pembelajaran. 

"Jadi, dalam pemprograman, mereka hanya berfokus pada logikanya. Sedangkan masalah syntax mereka tidak perlu khawatir, tinggal mengandalkan puzzle tadi," kata Zaini.

Sementara itu, dalam proposal yang ia buat, teknologi bantu terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus atau mahasiswa yang slow learning ini masih hanya diperuntukkan bagi satu jenis aplikasi pemprograman, yakni python. 

"Tapi kapan tidak menutup kemungkinan akan lebih dikembangkan ke pemprograman bahasa lain," pungkasnya.

 

Topik
unikama malangDana HibahCerita keluarga Sswoyo
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru