Warga dan Relawan Gotong Royong Bersihkan Rumah Siswoyo, 2 Mobil Penuh Barang Tak Terpakai

Aug 21, 2021 17:22
Warga bersama relawan yang gotong royong membawa barang-barang bekas tidak terpakai di kediaman Siswoyo untuk dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Malang, Sabtu (21/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Warga bersama relawan yang gotong royong membawa barang-barang bekas tidak terpakai di kediaman Siswoyo untuk dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Malang, Sabtu (21/8/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Usai Siswoyo (49) mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), warga di lingkungan RT 04/RW 07, Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang langsung bergotong-royong membersihkan rumah Siswoyo yang terletak di Jalan Raya Tlogomas Nomor 83 tersebut. 

Dalam agenda pembersihan barang-barang yang tidak terpakai tersebut, hadir pula Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Carvalho, Lurah Tlogomas Andi Aisyah Muhsin, petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, relawan dan warga sekitar yang semuanya membaur bahu membahu membersihkan rumah Siswoyo. 

Dalam kesempatan itu Lurah Tlogomas Andi Aisyah Muhsin mengatakan, kegiatan pembersihan rumah Siswoyo memang sudah diagendakan pada hari Jumat (20/8/2021) malam usai Siswoyo dievakuasi menuju RSSA. 

"Agenda pembersihan dibantu warga sekitar memang sudah diagendakan oleh Pak RT. Setelah beliau (Siswoyo, red) dirawat, rumahnya dibersihkan sama warga dan dibantu  oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup untuk (mengangkut, red) sampah-sampahnya," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Sabtu (21/8/2021). 

Kegiatan tersebut berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga berakhir sekitar pukul 11.30 WIB. Aisyah menuturkan, dalam kegiatan gotong royong tersebut, barang-barang yang tidak terpakai mencapai dua mobil pick up. 

"Tadi sampai dua mobil. Satu mobil warga dan satu mobil dari DLH," ujarnya. 

Di mana barang-barang tidak terpakai dan sampah-sampah yang berada di dalam rumah Siswoyo tersebut dibawa ke dua tempat pembuangan. Yakni, untuk mobil dari warga melakukan pembuangan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Tlogomas. Sedangkan mobil dari DLH Kota Malang langsung membawa tumpukan sampah tersebut menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang Kota Malang. 

Kegiatan pembersihan rumah Siswoyo juga bukan paksaan, namun itu merupakan kesadaran warga sekitar bersama stakeholder terkait untuk membuat rumah Siswoyo menjadi bersih kembali. 

Tampak Camat Lowokwaru Joao Maria Gomes De Carvalho dan Lurah Tlogomas Andi Aisyah Muhsin yang turun langsung dan tidak ragu membersihkan rumah Siswoyo bersama-sama dengan warga sekitar. 

Sementara itu, Ketua RT 04/RW 07 Kelurahan Tlogomas Sampurna Adi Wijaya mengatakan, kegiatan pembersihan barang-barang di rumah Siswoyo ini juga sudah mendapatkan izin dari yang bersangkutan. 

"Itu sudah kita konfirmasi ke Pak Siswoyo untuk dibersihkan dan beliau bersedia. Tadi di telepon video call langsung bersedia," ujarnya. 

Jaya pun menambahkan bahwa di dalam kediaman Siswoyo banyak sekali barang-barang tidak terpakai yang sudah tampak kotor sekali. Mulai dari tumpukan kayu, seng, kardus, potongan bambu, kertas, plastik dan berbagai barang tak terpakai lainnya.

Topik
berita kota malanggerakan pendidikan berbagiCamat Lowokwaru
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru