Kasihan Mendengar Orang Tua Dirawat Bocah 10 Tahun di Rumah, Kapolresta Buher Evakuasi Siswoyo ke RSSA Malang

Aug 21, 2021 13:33
Kondisi saat Siswoyo (49) yang lemas di evakuasi oleh relawan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Malang bersama warga sekitar untuk dibawa menuju Rumah Sakit Saiful Anwar, Jumat (20/8/2021) malam. (Foto: Istimewa)
Kondisi saat Siswoyo (49) yang lemas di evakuasi oleh relawan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Malang bersama warga sekitar untuk dibawa menuju Rumah Sakit Saiful Anwar, Jumat (20/8/2021) malam. (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES- Derita Siswoyo, 49, warga Tlogomas, Kota Malang yang dirawat anaknya Muhammad Ilham usia 10 tahun menarik simpati Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto.

Buher panggilan akrab Budi Hermanto langsung memerintahkan anggotanya melakukan evakuasi bersama relawan ke Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) untuk mendapatkan perawatan. "Kemarin (20/8/2021) malam Bhabinkamtibmas bersama Babinsa, Lurah dan relawan langsung melakukan evakuasi untuk dibawa menuju RSSA," ungkap Kapolresta Malana kepada MalangTIMES.com, Sabtu (21/8/2021). 

Perwira dengan dua melati di pundaknya ini pun mengatakan usai mengetahui kondisi Siswoyo yang lemas dan kesulitan bergerak melalui laporan anggota, media sosial dan pemberitaan di media massa, dia langsung koordinasi dengan Direktur RSSA Malang dr Kohar Hari Santoso. 

"Kami koordinasi dengan Direktur RSSA dr Kohar, untuk pasien (Siswoyo, red) ditangani dengan baik," terang perwira yang akrab disapa Buher ini. 

Disinggung mengenai pembiayaan perawatan Siswoyo, Buher menuturkan bahwa saat ini yang paling terpenting bagaimana Siswoyo dapat kembali sehat dan dapat kembali beraktivitas seperti sediakala.  

"Masih kami komunikasikan dengan RSSA. Kita akan upayakan semaksimal mungkin yang utama adalah pasien ditangani dulu dengan baik hingga sembuh," tuturnya. 

Sementara itu, Ketua RT 04/RW 07, Kelurahan Tlogomas yakni Sampurna Adi Wijaya mengatakan bahwa evakuasi Siswoyo dilakukan setelah adanya perintah dan arahan dari Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto melalui jajaran Bhabinkamtibmas. 

"Jadi dari Pak Kapolresta langsung (memerintahkan, red) melakukan evakuasi, dan evakuasi dilakukan sekitar pukul 20.18 WIB," ujarnya. 

Dalam evakuasi Siswoyo tersebut, kata Adi selain relawan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Malang juga dibantu oleh warga sekitar, tim relawan RT 04 dan relawan anak bangsa. "Semua membantu untuk melakukan evakuasi. Langsung dibawa dan ditangani di RSSA," ungkapnya.

Saat proses evakuasi juga disaksikan langsung oleh warga, tim relawan RT 04 dan pihak keluarga Siswoyo yang selama ini bahu membahu memberikan bantuan kepada Siswoyo. Baik itu makanan, pikiran dan tenaga. 

Kemudian untuk kondisi kedua anak Siswoyo yakni Muhammad Ilham (10) dan Muhammad Ricky (4) saat ini dalam kondisi sehat. Selain itu, kedua anak tersebut telah mendapatkan asuhan dari Nur Syamsiah yang merupakan pekerja di Panti Asuhan Sunan Giri. "Koordinasi dengan pihak warga, keluarga untuk melakukan evakuasi dan mereka bersedia. Kemarin juga didampingi keluarganya, pak Siswoyo juga bersedia," pungkasnya. 

Sebagai informasi, pada Bulan Desember 2020 Siswoyo bersama keluarganya mengalami kecelakaan di Pujon, Kabupaten Malang. Saat kecelakaan itu, istri Siswoyo yakni Sri Mulyati meninggal dunia. 

Siswoyo yang kesehariannya bekerja serabutan dan terkadang berjualan layang-layang itu lambat laun mengalami benjolan pada dada sebelah kanan. 

Setelah itu, Siswoyo perlahan tidak memiliki nafsu makan, sehingga asupan gizi yang masuk dalam tubuh kurang. Hal itulah yang membuat dirinya terbaring lemas dan tidak dapat beraktivitas normal seperti sebelumnya. 

Akhirnya, ketika dalam kondisi tersebut, Siswoyo dibantu suplai makanan oleh warga sekitar dan dirawat oleh anaknya yang pertama yakni Muhammad Ilham (10) secara rutin.

Topik
Budi Hermantomuhammad ilhamkomunitas di jemberBerita Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru