Selamat, Wartawan MalangTIMES Juara 3 Lomba TikTok Jurnalist Competition

Aug 19, 2021 19:18
Ahmad Amin, Imarotul Izzah, dan Yogi Iqbal Rizkiawan (Foto: Istimewa)
Ahmad Amin, Imarotul Izzah, dan Yogi Iqbal Rizkiawan (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES - Salah 1 wartawan MalangTIMES.com berhasil memenangkan kompetisi TikTok Jurnalist Competition. Wartawan bernama Imarotul Izzah berhasil mendapat juara ke-3. 

Untuk diketahui, juara 1 dalam kompetisi ini dimenangkan oleh wartawan dari Detik.com bernama Aisyah Kamaliah. Aisyah berhasil mendapatkan hadiah berupa voucher belanja senilai Rp 5 juta. Sedangkan juara 2 berhasil diraih oleh wartawan Jakpusnews.PikiranRakyat.com bernama Zakiyatul Azizah. Juara 2 ini mendapatkan hadiah berupa voucher belanja senilai Rp 4 juta. 

Sementara Ima sapaan akrab dari Imarotul Izzah sebagai juara 3 mendapat hadiah berupa voucher belanja senilai Rp 3 juta. Kendati demikian, pihak panitia lomba tidak lupa memberikan hadiah pula bagi rekan-rekan wartawan yang turut berpartisipasi. 

Masing-masing dari mereka akan mendapat hadiah berupa voucher belanja senilai Rp 200 ribu yang diberikan kepada 11 orang peserta. Dalam mengikuti lomba, Ima mengaku tak menyangka akan menjadi salah 1 juaranya. 

"Nggak (nyangka) sih karena yang ikut banyak banget dari media nasional. Tapi saya yakin konten saya orisinil dan beda dengan yang lain," ujar Ima saat dihubungi melalui WhatsApp, Kamis (19/8/2021).

Tak sendiri, Ima ternyata bekerja tim dengan 2 rekannya di MalangTIMES yakni Ahmad Amin dan Yogi Iqbal Rizkiawan. Keduanya berperan sebagai kameramen dan editor.  

Sesuai dengan tema yang disiapkan TikTok yakni "Berjuang Berkreasi", Ima bersama tim memilih untuk membuat konten yang berbeda yakni tentang sejarah. 

"Saya kira kreasi kita itu bisa bebas dan sesuai dengan apa yang saya senangi. Sehingga saya putuskan membuat konten yang sedikit berbeda dengan yang lainnya, yaitu mengenai sejarah," katanya.

Kebetulan, lanjut Ima, konten tentang sejarah juga seringkali dibuat untuk TikTok di JatimTIMES. Selain itu, Ima bersama Amin dan Yogi ingin menunjukkan bahwa kemerdekaan kita saat ini tidak didapatkan dengan mudah. 

Melainkan melalui perjuangan rakyat (tak terkecuali para pelajar yang disebut Pahlawan TRIP) yang habis-habisan melawan penjajah Belanda. Dengan kisah yang diceritakan melalui video itu mereka ingin memperlihatkan bahwa seperti itu cara para pelajar zaman dahulu berjuang berkreasi untuk mempertahankan kemerdekaan yang kita nikmati saat ini.

"Dengan mengenang perjuangan mereka dulu, saya kira orang-orang akan lebih menghargai kemerdekaan kita saat ini," tutur Ima.

Mengenai target ke depan, Ima menyebut dirinya akan lebih meningkatkan konten-konten TikTok di JatimTIMES.

"Target ke depan sih membesarkan TikTok JatimTIMES dan makin meningkatkan kualitas konten-kontennya. Tentunya dengan banyak membaca dan peka terhadap sekitar. Kalau bisa sih pengen ngulik-ngulik hal-hal di luar Malang biar kontennya makin bervariasi. Meskipun kami memang ada wartawan-wartawan dari berbagai daerah di Jawa Timur," lanjutnya. 

Dalam lomba ini, Ima diketahui mengirim 2 konten video sejarah. Video pertama mengenai History of Pahlawan Trip yang saat liputan mengambil gambar di sudut-sudut kota Malang yang dibutuhkan. 

"Lalu saya yang sebelumnya sudah wawancara dengan pemandu Museum Brawijaya mematangkan narasi dengan riset, baca-baca mengenai sejarah. Setelah narasi sudah matang, saya narasikan dengan suara/voice over. Kemudian saya cari foto-foto lawas yang berhubungan dengan narasi beserta creditnya. Lalu semua bahan diedit oleh Mas Amin sehingga terciptalah video TikTok tersebut," kata Ima menceritakan proses pembuatan video itu.

Sedangkan video kedua soal Monumen Tugu Simbol Keperkasaan Rakyat Malang. Untuk diketahui, dalam merayakan HUT RI ke-76, TikTok mengadakan kompetisi khusus untuk diikuti oleh seluruh jurnalis di Indonesia dengan tagar #BerjuangBerkreasi dan #TikTokJurnalis. Kompetisi Jurnalis tersebut dilaksanakan selama sepekan, mulai Jumat (6/8/2021) hingga Jumat (13/8/2021).

Topik
juara kompetisi tiktokmalang timesimarotul izzahsmkn glagah banyuwangi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru