Megawati hingga SBY Nyanyi Indonesia Pusaka, Mahfud MD: Ya Allah, Kami Bersyukur kepada-Mu

Aug 19, 2021 13:50
Mahfud MD (Foto:
Mahfud MD (Foto:

INDONESIATIMES - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terenyuh saat menyaksikan video kompilasi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyanyikan lagu Indonesia Pusaka.

Video itu adalah kompilasi dari banyak penggalan cuplikan yang diedit menjadi satu rangkaian utuh video lagu Indonesia Pusaka. Hampir semua pembesar negara terlibat di video klip lagu kebangsaan itu. 

Masing-masing tokoh ditampilkan bersenandung sebaris bait dari lirik lagu Indonesia Pusaka. Lagu kebangsaan yang dikemas dengan aransemen keroncong itu diawali dengan lantunan dari Presiden Jokowi. 

Untuk diketahui, video itu merupakan video lawas yang diunggah kembali pada 13 Agustus 2021 lalu di channel YouTube Jatayu Cakrawala Film. 

"Lagu yang membuat haru dan bangga; sama dengan lagu-lagu lain seperti Indonesia Raya, Syukur, Tanah Airku," tulis Mahfud di akun Twitter miliknya. 

Mahfud juga turut menyertakan link video tersebut. Tampak 4 pemimpin negara ditampilkan bergiliran menyanyikan penggalan lirik pada bait pertama lagu Indonesia Pusaka.

Setelah Jokowi, SBY menyambutnya dengan lirik lanjutan, kemudian Gus Dur, lalu Megawati. Penggalan cuplikan para presiden tersebut dirangkai bergiliran hingga menciptakan alunan lagu yang berkelanjutan.

Dari situ, masuk giliran Mahfud yang turut mengisi kelanjutan lirik. "Di sana tempat lahir beta... " senandungnya. Setelah itu, bait pertama ditutup oleh Wiranto dengan improvisasi lantunan yang penuh penghayatan disertai getaran vokal teknik vibrasi.

Selebihnya adalah rangkaian cuplikan sejumlah tokoh mengisi lanjutan lirik bait kedua Indonesia Pusaka, yakni Dahlan Iskan, Sutiyoso, Emil Salim, Kwik Kian Gie, hingga Franz Magnis Suseno.

Mahfud menyatakan ia sangat bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberkati Indonesia dengan kemerdekaan. Karena berkat tersebut, ia merasa damai.

"Ya, Allah, kami bersyukur kepada-Mu yang telah memberkati Indonesia Raya dengan kemerdekaan sehingga membuat kami damai dan selalu merindukannya," tulis Mahfud.

Topik
Mahfud MDPresiden Joko Widodolagu Indonesia Pusakavaksinasi di musallaMegawati SoekarnoputriSusilo Bambang YudoyonoGus Dur
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru