Kasus Penipuan Rp 2,5 Miliar, Anak Akidi Tio Resmi Dipolisikan

Aug 19, 2021 10:12
Anak Akidi Tio, Heryanti (Foto: RMOL)
Anak Akidi Tio, Heryanti (Foto: RMOL)

INDONESIATIMES - Nama anak bungkus Akidi Tio, Heryanti kembali mencuat. Hal ini berkaitan dengan dugaan kasus penipuan dan penggelapan uang senilai Rp 2,5 miliar. 

Kini, Heryanti pun sudah resmi dipolisikan. Heryanti dilaporkan ke Polda Sumsel oleh seorang dokter di Palembang bernama Siti Mirza Nuria. 

Disampaikan oleh pengacara Siti, Rangga Afianto, setelah berdiskusi dengan penyidik Direktorat Reserse kriminal Umum Polda Sumatera minggu lalu, Heryanti dilaporkan atas pasal 378 dan 372 KUHP. 

"Klien kami sudah diperiksa sebagai saksi pelapor dan menyerahkan bukti-bukti pendukung yang dibutuhkan untuk menelusuri transaksi yang dilakukan dengan saudari Heryanti dari kurun waktu Mei 2019," ujar Rangga. 

Sayangnya, terkait laporan ini pihak dari Heryanti masih belum memberikan respons apapun. Rangga menjelaskan secara garis besar, pada Mei 2019 Heryanti menawarkan Siti untuk berinvestasi di usaha ekspedisi miliknya. 

Dalam hal ini, Heryanti berjanji memberi keuntungan 10-12 persen per bulan. Investasi awal yang diserahkan Siti yakni sebesar Rp 400 juta. 

Setelah sebulan memberikan keuntungan, Siti menambah investasinya hingga total Rp1,8 miliar. Namun selepas 6 bulan sejak perjanjian awal, pembayaran keuntungan mulai macet. 

Hingga akhirnya Maret 2020 Heryanti kembali meminjam uang Rp 500 juta dengan alasan untuk membayar pajak kendaraan ekspedisi. Kemudian, Juni 2020 dibuatlah Surat Perjanjian Pinjaman Uang yang dibuat setelah Heryanti berjanji mengembalikan uang setelah mendapatkan warisan dari orang tuanya. 

Namun uang tak kunjung dikembalikan hingga akhirnya dilaporkan. Pokok utang Heryanti kepada Siti Mirza sebesar Rp2,3 miliar. 

Namun karena pembayaran macet tersebut Siti menanggung bunga utang bank atas uang tersebut sebesar Rp200 juta sehingga pihaknya melaporkan Heryanti atas uang Rp2,5 miliar.

Topik
data vaksinasi kabupaten malangvaksin ketigaJagongan Santai
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru