Tingkat Kesembuhan Pasien Isoter Rusunawa Kepanjen Diklaim Capai Angka 80 Persen

Aug 18, 2021 19:14
Kabid Yankes Dinkes Kabupaten Malanf, Anita Flora.(Riski Wijaya/MalangTIMES)..
Kabid Yankes Dinkes Kabupaten Malanf, Anita Flora.(Riski Wijaya/MalangTIMES)..

MALANGTIMES - Tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang diisolasi di Rusunawa Kepanjen Kabupaten Malang mencapai 80 persen lebih. Dari total sebanyak 783 pasien Covid-19 gejala ringan atau orang tanpa gejala (OTG), tercatat ada 743 yang dinyatakan sembuh. Kemudian sebanyak 10 pasien dirujuk untuk dirawat di RS.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Anita Flora saat ditemui di tempat isolasi Rusunawa. Bahkan dari perhitungannya, pasien yang akhirnya dirujuk ke RS, tidak lebih dari 10 persen.

"Jadi kadang-kadang pasien ada yang depresi. Sehingga gejala yang ringan bisa jadi berat, jadi ya dirujuk. Tapi tidak banyak. Hanya ada 10 dari 783, jadi hanya nol koma sekian persen," ujarnya saat ditemui Rabu (18/8/2021).

Dirinya meyakinkan, bahwa fasilitas yang ada di Rusunawa sebagai tempat isolasi sudah sangat sesuai untuk merawat pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau OTG. Seperti tempat tidur serta kebutuhan lainnya hingga kebutuhan medis seperti visitasi dari dokter. 

"Kalau disini kan memang untuk pasien yang mandiri. Jadi bisa ke kamar mandi sendiri dan kebutuhan lainnya. Karena kalau misalnya agak berat dia harus dirujuk ke RS. Kalau kapasitasnya 96," imbuhnya.

Dari pantauannya sendiri, jika dilihat dari tingkat keterisian di Rusunawa, ia menilai bahwa pergerakan Covid-19 masih fluktuatif. Namun meskipun cenderung melandai, ia tetap mengimbau agar masyarakat tidak abai dan tetap waspada. 

"Yang pasti disini ada nakes yang akan siap bila sewaktu waktu dibutuhkan. Kalau di rumah enggak apa-apa sih karena ada telemedicine, telekomunikasi. Kalau disini lebih diperhatikan, ada yang memberikan makan, konsultasi dan mengajak orang berolahraga," pungkasnya.

Topik
tempat isolasipemindahan pasien isomanPasien Covid 19Kabupaten Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru