Jalankan Instruksi Luhut, 200 Isoman Kota Malang Boyongan ke Isoter

Aug 18, 2021 12:26
Bed untuk pasien Covid-19 di safe house Jl Kawi Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Bed untuk pasien Covid-19 di safe house Jl Kawi Kota Malang. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sigap dalam menyikapi instruksi pemerintah pusat untuk memindahkan pasien isolasi mandiri (isoman) ke tempat isolasi terpusat (isoter). Hal ini dilakukan sebagai upaya menekan laju peningkatan kasus Covid-19.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, sudah ada kurang lebih 200 pasien isoman yang saat ini telah dipindahkan ke isoter. Tentunya, dengan adanya persyaratan. "Sekarang itu ada kurang lebih 200-an (yang sudah masuk isoter)," ujarnya, Rabu (18/8/2021).

Adapun, 200 pasien tersebut tidak keseluruhan masuk di isoter Safe House di Jl Kawi. Sebagian juga dipindahkan ke RS Lapangan Idjen Boulevard, mengingat Bed Occupancy Rate (BOR) telah mengalami penurunan.

"Yang 130-an di Isoter (safe house Jl Kawi), yang selebihnya kemarin kita kirim ke RS Lapangan. Karena RS lapangan kan bor okupansinya masih rendah," jelasnya.

Untuk diketahui, pemindahan pasien isoman ke isoter ini menindaklanjuti permintaan pemerintah pusat yang disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan. Sehingga, pasien-pasien bisa mendapatkan penanganan kesehatan yang optimal dan segera sembuh.

Adapun, bagi pasien Covid-19 yang dipindahkan ke isoter juga harus memenuhi syarat. Seperti, pasien harus dalam kondisi OTG (Orang Tanpa Gejala) dan gejala ringan. Artinya pasien bisa mengurus diri sendiri, termasuk mandi dan berkegiatan lainnya.

Kemudian, kondisi saturasi oksigen pasien Covid-19 harus di angka 95 ke atas. Sedangkan, bagi pasien yang memiliki penyakit bawaan tahunan yang membutuhkan pendampingan pihak keluarga dikecualikan, termasuk ibu hamil.

Sebagai informasi, Pemkot Malang juga menyiapkan setidaknya 388 bed isoter yang terbagi di beberapa tempat. Di antaranya di safe house Jl Kawi sebanyak 246 bed, SKB (Sanggar Kegiatan Bersama) Blimbing ada 26 bed, Rusunawa di Kedungkandang yang memiliki 60 bed, dan VEDC dengan 56 bed.

Topik
SutiajiLuhut Binsar Pandjaitanberburu isi ulang oksigenisoter
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru