Indonesia dan Thailand Mulai Uji Coba Pembayaran Pakai QR Code

Aug 18, 2021 11:11
QR Code (Foto: Kurio)
QR Code (Foto: Kurio)

INDONESIATIMES - Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand kini mulai uji coba aplikasi sistem pembayaran lintas negara menggunakan QR code. Melalui siaran pers di situs resminya, BI meresmikan proyek ini pada Selasa (17/8/2021). 

Aplikasi ini nantinya diharapkan bisa dirilis secara komersial pada kuartal pertama 2022. BI menjelaskan bahwa pembayaran QR lintas batas negara antara Indonesia dan Thailand nantinya diharapkan dapat mempermudah konsumen dan pedagang di kedua negara untuk melakukan transaksi.

Pelaku transaksi nantinya dapat melakukan pembayaran dengan memindai QR code di merchant yang ada di Indonesia atau pun Thailand.

"Inisiatif ini merupakan milestone dari blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025, khususnya di pembayaran ritel. Ini menghubungkan pembayaran lintas batas melalui interkoneksi QR Code nasional kedua negara," ujar Deputi Gubernur BI Sugeng dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Rabu (18/8/2021). 

Dengan layanan ini, pengguna dari Indonesia bisa lebih mudah untuk melakukan transaksi jika sedang berada di Thailand. Pengguna dari Indonesia juga dapat menggunakan aplikasi pembayaran melalui gawai untuk memindai QR Code yang tersedia di seluruh merchant di Thailand.

Demikian pula dengan pengguna dari Thailand yang bisa menggunakan aplikasi tersebut di seluruh merchant di seluruh Indonesia. Layanan ini juga tersedia untuk transaksi e-commerce antara Indonesia-Thailand dan sebaliknya.

Lebih lanjut, BI berharap agar layanan ini bisa diperluas untuk memungkinkan pengguna di kedua negara melakukan transfer dana secara langsung dengan mudah melalui gawai.

"Salah satu aspek yang menarik dari proyek ini adalah penggunaan kuotasi langsung dari nilai tukar mata uang lokal yang disediakan oleh bank-bank dalam negeri di bawah Local Currency Settlement (LCS) untuk meningkatkan efisiensi transaksi, sehingga menurunkan biaya transaksi," ujar Sugeng.

Untuk diketahui, BI sebelumnya telah lebih dulu mengkaji penggunaan sistem pembayaran QR Code lintas batas di beberapa negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Pembayaran lintas batas negara ini diharapkan memudahkan para wisatawan mancanegara dalam melakukan transaksi.

Topik
Pembayaran lintas negaraTransaksi Indonesia dan Thailandalhikmah tuban

Berita Lainnya

Berita

Terbaru