Risma Siapkan Rusun PMKS, Biaya Sewa Cuma Rp 10 Ribu Per Bulan

Aug 18, 2021 07:36
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: jpnn)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: jpnn)

INDONESIATIMES - Menteri Sosial Tri Rismaharini kembaki membuat gebrakan baru. Diketahui, Risma kini tengah membuat rumah susun (rusun) bagi masyarakat penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

Risma menjelaskan, pihaknya berencana membangun rusun di 6 daerah di Indonesia. PMKS yang menempati rusun itu nantunya akan membayar hanya senilai Rp 10 ribu per bulan.

"Tahun depan rencana kita bangun 6 blok rusun di seluruh Indonesia. Insya Allah (sewanya) Rp 10 ribu per bulan," ujar Risma.

Sebagai informasi, PMKS terbagi dalam beberapa kategori. Di antaranya gelandangan, pengemis, anak terlantar di jalanan, atau kelompok lainnya yang kesulitan menjalani kehidupan sosial.

Lebih lanjut, Risma mengaku para PMKS ini akan ditempatkan di rusun agar mereka lebih mudah mengakses program pemerintah, seperti program bantuan sosial (bansos). 

Adapun 6 daerah yang rencananya akan dibangun rusun ialah Medan, Solo, Makassar, Padang, Palembang, dan Jakarta. "Kami akan lakukan survei lebih dulu karena nanti harga sewanya kan murah sekali," kata mantan wali kota Surabaya itu.

Sebelumnya Risma memang sempat berjanji membangun rusun untuk tunawisma di Bekasi. Lokasi rusun tersebut ada dalam kawasan Rehabilitasi Sosial eks Gelandangan dan Pemulung (BRSEGP) Pangudi Luhur, Bekasi.

Selain di Bekasi, Risma juga mengatakan akan membangun satu rusun untuk PMKS di Jakarta yang akan selesai tahun ini. Namun kedua rusun itu hingga kini masih dalam tahap pembangunan.

Topik
PMKSmensos rismaTri RismahariniLogo baru FPI
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru