Nasionalisme Tinggi, Tahanan di Polres Malang Ikut Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia

Aug 17, 2021 17:53
Para tahanan yang dipimpin salah satu anggota polisi saat menyanyikan lagu Indonesia Raya (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)
Para tahanan yang dipimpin salah satu anggota polisi saat menyanyikan lagu Indonesia Raya (foto: Humas Polres Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan upacara nampaknya bukan hanya diikuti oleh warga negara yang menghirup udara bebas. Bahkan, tahanan yang sedang meringkuk di fasilitasi Polres Malang juga turut mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual.

Kasat Tahti Polres Malang, Iptu Budiono mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi para tahanan untuk mengikuti upacara bersama. Meski dilakukan di dalam penjara, namun kekhidmatan acara tidak pupus.

“Kami memfasilitasi para tahanan untuk mengikuti upacara peringatan detik-detik proklamasi secara virtual di dalam ruang tahanan dengan prokes ketat,” ucap Budiono.

Para tahanan bukan hanya difasilitasi untuk mengikuti upacara, namun juga diberikan kelengkapan pita merah putih yang digunakan melingkar di kepala. Sebanyak 75 tahanan dengan khidmat mengikuti kegiatan tersebut.

“Kami berikan pita merah putih kepada 75 tahanan sebagai salah satu aksesoris yang digunakan para tahanan dalam upacara ini,” jelas Budiono.

Salah satu tahanan yang namanya dirahasiakan menuturkan bahwa kegiatan ini semua merupakan inisiatif dari para tahanan. Namun Polres Malang juga memfasilitasi, sehingga terselenggara kegiatan tersebut.

“Ini inisiatif kami semua untuk ikut memperingati HUT RI Ke-76,” ungkap salah satu tahanan.

Inisiatif tersebut kemudian dikoordinasikam dengan penjaga ruang tahanan, dalam hal ini Iptu Budiono, agar diijinkan untuk mengikuti upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76. Gayung bersambut, Polres Malang memfasilitasi hal tersebut untuk menebalkan rasa nasionalisme para tahanan.

“Kami berkoordinasi dengan penjaga, agar diizinkan untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI Ke-76 secara virtual,” ungkapnya.

“Saya mewakili para tahanan sangat senang, dan mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak penjaga ruang tahanan, karena sudah diberikan kesempatan dan fasilitas untuk mengikuti upacara HUT RI kali ini walau dengan sangat sederhana,” pungkasnya.

Topik
Upacara KemerdekaanUpacara Kemerdekaan RIpelat nomor kendaraanPolres Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru