Ikuti Detik-Detik Proklamasi secara Virtual, Totalitas Dewanti Gunakan Adat Batak dan Wakilnya Adat Bugis

Aug 17, 2021 16:26
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko gunakan pakaian adat Batak saat mengikuti detik-detik proklamasi secara virtual di Garaha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2020). (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko gunakan pakaian adat Batak saat mengikuti detik-detik proklamasi secara virtual di Garaha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2020). (Foto: istimewa)

BATUTIMES - Usai melaksanakan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Republik Indonesia (RI) Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama pasangannya Punjul Santoso bergegas berganti pakaian untuk mengikuti detik-detik proklamasi secara virtual di Garaha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2020).

Detik-detik proklamasi juga diikuti bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batu. Dalam kegiatan secara virtual itu keduanya kompak menggunakan pakaian adat Indonesia.

Jika pada tahun sebelumnya keduanya menggunakan pakaian adat dari Kalimantan Selatan dan Punjul Santoso menggunakan baju adat Aceh, kali ini Dewanti mengenakan baju adat Batak.

Dengan pakaian kebaya warna putih juga hijabnya memiliki warna yang senada. Ditambah pada aksesori untuk kepala terdapat ikat kepala berwarna merah dan emas. Juga terdapat aksesoris di kepalanya bunga mawar merah.

Lalu juga dilengkapi dengan selendang berwarna maroon berpadu dengan emas. Juga ditambah dengan kalung berwarna emas. Dan bawahan selendang berwarna hitam.

Selain menggunakan pakaian adat, Dewanti melegkapinya dengan smart watch juga aksesoris cincin. Dewanti pun terlihat lebih anggun meskipun harus menggunakan masker. 

Namun wakilnya tidak menggunakan pakaian adat yang senada, Punjul lebih memilih mengenakan baju adat dari Bugis. Yang didominasi dengan warna hitam, tetapi peci pada kepalanya berwarna emas perpaduan cokelat.

“Semoga Indonesia semakin berusia semakin berjaya. Indonesia bisa melewati ujian dalam pandemi Covid-19 dan pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin pulih,” kata Dewanti.

Selain itu peringatan HUT kali ini lanjutnya, agar dijadikan momentum untuk menjadi semakin tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan. Khususnya lebih tanggah di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Kepada seluruh masyarakat, di usia yang 76 ini, mari kita jadikan Indonesia tumbuh dan tangguh, tangguh dalam segala hal, terutama dalam kondisi pandemi saat ini,” tutupnya.

Topik
Detik Detik Proklamasipelat nomor kendaraankonten kreatif bondowosoUpacara Kemerdekaan RI
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru