Moment Peringatan HUT RI ke-76, Wawali Sofyan Edi Kunjungi Petinju Veteran Legendaris Kota Malang

Aug 17, 2021 16:09
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kiri) saat mengunjungi mantan petinju legendaris Kota Malang Wongso Suseno di momen HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021). (Foto: Istimewa).
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko (kiri) saat mengunjungi mantan petinju legendaris Kota Malang Wongso Suseno di momen HUT RI ke-76, Selasa (17/8/2021). (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Momen Hari Kemerdekaan RI ke-76, bagian dari ajang mengenang jasa ataupun prestasi dari tokoh-tokoh terdahulu. Tak hanya para pahlawan penjajahan, sosok-sosok atlet yang dulu mengharumkan bangsa Indonesia juga patut diberikan apresiasi.

Hal inilah yang ditunjukkan Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, di momen HUT RI ke-76 kali ini, Selasa (17/8/2021). Ia secara khusus mengunjungi kediaman veteran olahraga, yakni Wongso Suseno di wilayah Kelurahan Pisang Candi.

Sosok Wongso Suseno merupakan atlet legenda petinju Indonesia yang mengharumkan nama bangsa hingga kancah Internasional di zamannya. Berusia 76 tahun, kondisinya tampak masih sehat dan menyempatkan bercengkerama sejenak dengan Wakil Wali Kota Malang.

“Beliau ini Pak Wongso Suseno, juara OPBF (Oriental Pasific Boxing Federation) dulu. Saya teringat, Pak Wongso ini, waktu saya masih kecil beliau sudah main di ring dunia. Saya cari, ada yang memberikan informasi di Pucung, Pakisaji, ternyata tempat tinggalnya di sini (Kelurahan Pisangcandi, Kota Malang). Alhamdulilah, dalam waktu singkat bisa bertemu dengan Pak Wongso," ujar Bung Edi (sapaan akrab Wawali Kota Malang).

Ia menambahkan, di momen HUT RI ke-76 ini apresiasi diberikan kepada mantan petinju legendaris tersebut. Dengen keberadaannya, yang telah mampu mengharumkan nama bangsa dalam bidang olahraga asli Malang.

"Beliau ini asli Malang, alhamdulilah sekarang usianya 76 tahun dan masih sehat. Di momen memperingati kemerdekaan, kita mesti bersyukur ada pak Wongso yang mampu mengangkat Indonesia pada kala itu. Beliau pahlawan tinju Indonesia," imbuhnya.

Bung Edi berharap, akan adanya sosok petinju legendaris di Malang ini mampu dijadikan inspiratif bagi masyarakat Kota Malang. Sebab, Wongso Suseno telah mampu membawa nama besar tinju Indonesia di kancah internasional. 

“Atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan masyarakat, kami berterima kasih. Momen kemerdekaan ini membuat kita bersyukur atas kondisi kita yang masih bisa berusaha dan tetap tangguh. Terus belajar dari yang punya pengalaman, seperti Pak Wongso ini, yang sudah membawa nama Indonesia di kancah Internasional. Sehingga, bisa membuat kita berkembang dan tumbuh,” tandasnya.

Sementara itu, pihak keluarga Wongso Suseno mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Atas hal ini ia juga berharap agar pandemi Covid-19 segera usai, agar bisa beraktivitas seperti biasanya.

"Kami sangat bangga, terharu sekali, didatangi pemerintah. Semoga semua sehat, mudah-mudahan pandemi Covid-19 cepat selesai, bisa aktivitas lagi seperti biasa," ungkapnya.

Topik
wawali malangpedagang pasar setono betekperumda jasa yasa kabupaten malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru