Momen HUT RI, Pemkot Batu Tidak Pernah Absen Beri Insentif Veteran dan Janda Veteran

Aug 17, 2021 15:50
Secara simbolis insentif diberikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan di halaman Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2021). (Foto: Pemkot Batu)
Secara simbolis insentif diberikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan di halaman Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2021). (Foto: Pemkot Batu)

BATUTIMES - Kesejahteraan para veteran di Kota Batu menjadi perhatian tersendiri bagi Pemkot Batu. Di tengah Memperingati Hari Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia, Pemkot Batu memberikan insentif kepada veteran di halaman Balai Kota Among Tani, Selasa (17/8/2021).

Pemberian insentif itu dilakukan usai melangsungkan upacara bendera di halaman Balai Kota Among Tani. Secara simbolis insentif itu diberikan oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko kepada  Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kota Batu, Handri Israwan.

Tentunya hal tersebut membuat wajah para veteran dan janda veteran sumringah dan bisa bernafas lega lantaran mendaparkan insentif. Insentif itu diberikan kepada 35 Veteran dan 97 Janda Veteran.

Dengan demikian 132 orang menerima bantuan tersebut di tengah HUT RI. Ya bukan hanya tahun ini, tetapi sudah beberapa tahun terakhir Pemkot Batu konsisten memberikan bantuan insentif kepada veteran.

Tidak tanggung-tanggung dalam setahunnya ada empat momen para veteran mendapatkan insentif. Di mana setiap moment itu mendapatkan insentif sebesar Rp 1 juta. Seperti halnya pada perayaan HUT RI sat ini

“Setiap tahunnya, veteran mendapatkan Rp 4 juta yang dibagikan secara bertahap. Seperti pada Hari Veteran, HUT RI, HUT KWB, dan Hari Pahlawan. Setiap momen insentif yang diberikan Rp 1 juta,” ucap Dewanti.

Bantuan insentif ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021. Dengan besaran jumlahnya dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Semula insentif itu diberikan tahun 2017 setiap veteran dan janda veteran mendapatkan dana sebesar Rp 3,5 juta. Kemudian pada tahun 2018 hingga saat ini meningkat menjadi Rp 4 juta.

“Indonesia bisa merdeka karena tidak lain juga jasa pahlawan terdahulu yang terus berjuang untuk NKRI. Maka jangan dilupakan," kata istri Eddy Rumpoko.

Sementara itu Ketua LVRI Kota Batu Handri Israwan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkot Batu yang selalu memperhatikan kesejahteraan veteran dan janda veteran. Hal ini perlu dicontoh kepada daerah lainnya, sebab hingga saat ini baru Kota Batu yang memberikan insentif kepada veteran.

“Batu Kota Batu yang memberikan insenfit kepada veteran, semoga ini bisa dicontoh untuk daerah lainnya,” ungkapnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada kita,” katanya. Sedang, Pemkot Batu juga telah memberikan 8 rumah bagi veteran yang berada di Jalan Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu.

Pembangunan rumah itu dilaksanakan pada tahun 2017, diperuntukkan bagi para veteran yang benar-benar tidak mempunyai tempat hunian dengan status berupa hak pakai. Yang saat ini sudah dimanfaatkan oleh para veteran (ADV).

Topik
Walikota Batuinsentif veteranperumda jasa yasa kabupaten malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru