Sosok Ardelia Muthia Zahwa, Gadis Asal Medan yang Jadi Pembawa Baki Upacara HUT ke-76 RI di Istana

Aug 17, 2021 10:22
Ardelia Muthia Zahwa (Foto:Biro Pers Sekretariat Presiden)
Ardelia Muthia Zahwa (Foto:Biro Pers Sekretariat Presiden)

INDONESIATIMES - Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas mengibarkan bendera Merah-Putih pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia hari ini telah ditentukan. Mereka merupakan Tim Indonesia Tangguh.

Satu sosok yang menjadi perhatian yakni pembawa baki dari Tim Indonesia Tangguh, Ardelia Muthia Zahwa. Ardelia merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara.

Ia merupakan gadis kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004. Saat ini Ardelia menempuh pendidikan di SMA Harapan I Medan.

Dilansir melalui situs resmi presidenri.go.id, Ardelia telah mengikuti seleksi Paskibra Nasional sejak 23 Maret 2021 di Medan, Sumatera Utara. Ia mengikuti tahap awal, yaitu tes akademik dan tes baris-berbaris untuk menjadi Paskibraka Nasional lalu dilanjutkan dengan tahap kedua pada 24 Maret 2021 berupa tes jasmani.

Setelah melalui tahap awal dan kedua, Ardelia yang berhasil lolos kemudian mengikuti tes bakat dan di tahap akhir mengikuti wawancara yang langsung dilakukan dengan pihak TNI Polri. 

Setelah lulus seleksi tingkat kota, Ardelia kembali mengikuti seleksi lainnya, yaitu di tingkat provinsi berupa tes akademik, tes jasmani, dan wawancara. Adapun wawancara itu dilakukan langsung dengan Sekretaris Dispora Sumatra Utara, Danton Kaveli dan pihak TNI Angkatan Udara Lanud Suwondo.

Setelah melalui semua tahapan seleksi tersebut, siswi asal SMA 1 Harapan Medan ini akhirnya dinyatakan lulus menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Utara sebagai Paskibraka Nasional pada upacara HUT Ke-76 RI  di Istana Merdeka, Jakarta, pada hari ini Selasa, 17 Agustus 2021 pukul 10.17 WIB.

Diceritakan oleh ibu Ardelia, Nurmala Santy, putrinya sudah menjadi anggota paskibra sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD).  "Pasti kami sebagai orang tua merasa senang dan bangga Ardelia bisa mencapai Paskibraka nasional," ucap Nurmala.

Nurmala mengatakan anaknya itu mampu melampaui pencapaian dirinya yang juga pernah diutus menjadi anggota paskibra di tingkat provinsi. "Prestasi anak saya sudah lebih tinggi dari saya. Saya paskibra Sumut  tahun 1996," jelas Nurmala.

Sedangkan tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo. Kemudian Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat. Lalu Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung.

Topik
Tim Paskibraka NasionalArdelia Muthia ZahwaUpacara HUT Ke 76 RI
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru