Terbatas dan Digelar Virtual, Suasana Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI di Kota Malang

Aug 17, 2021 10:14
Suasana upacara peringatan HUT Ke-76 RI di halaman Balai Kota Malang, Selasa (17/8/2021). (Foto: screen capture YouTube Pemkot Malang).
Suasana upacara peringatan HUT Ke-76 RI di halaman Balai Kota Malang, Selasa (17/8/2021). (Foto: screen capture YouTube Pemkot Malang).

MALANGTIMES - Peringatan HUT Ke-76  RI di Kota Malang dilalui dengan upacara yang khidmat, meski dalam keterbatasan. Di halaman Balai Kota Malang, pelaksanaan upacara hanya dihadiri oleh sederet forkopimda dan petugas upacara.

Pandemi covid-19 yang urung usai mengharuskan pelaksanaan peringatan upacara HUT Ke-76  RI  pagi ini (17/8/2021) juga dilangsungkan secara virtual. Beberapa instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ikut menjadi peserta upacara dari kantor masing-masing.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, momen peringatan HUT RI kali ini membawa makna khusus. Sesuai dengan tema kali ini "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh" di tengah upaya penanganan pandemi covid-19.

"Sesuai dengan tema ya, tangguh dan tumbuh. Tangguh menghadapi covid-19," ujarnya.

Ketangguhan ini, menurut Sutiaji, diibaratkan dalam upaya penanganan covid-19 yang harus senantiasa menjadi tanggung jawab semua pihak. Artinya, perlu semua elemen terlibat untuk bahu-membahu memberikan edukai, literasi, hingga gotong royong dalam membantu sesama.

"Karena Indonesia mempunyai kekayaan luar biasa, kalau itu kita tanamkan, maka ketangguhan kita itu luar biasa. Harus dengan gotong-royong dalam penyelesaian pandemi covid-19," imbuhnya.

Lebih jauh, Sutiaji menyebut, bila ketangguhan itu telah tercipta dan diterapkan oleh masyarakat, maka proses pertumbuhan ekonomi juga akan meningkat. Hal ini juga seiring dengan upaya pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi covid-19.

Dalam hal ini, Pemkot Malang menggencarkan pelaku usaha agar bisa  berdaya saing di sektor ekonomi kreatif (ekraf). Seperti mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk mengoptimalkan basis pemasaran digitalisasi melalui e-commerce.

Tentunya, hal itu dibarengi dengan pemberian pendampingan dan pelatihan bagi pelaku usaha sehingga produk-produk pelaku UMKM Kota Malang bisa bersaing di kancah global. 

"Tangguh, kuat itu kebersamaan kita semua. Maka  akan tumbuh, perekonomian kita. Kita harus berdamai, beradaptasi dengan vovid-19. UMKM kita perkuat untuk berbasis marketplace agar bisa bersaing di kancah global," pungkasnya.

Topik
Peringatan HUT Kemerdekaan RIPemkot MalangWali Kota Malang Sutiaji
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru